Power Door Lock, Fitur Kemewahan yang Kini Merakyat

Power Door Lock, Fitur Kemewahan yang Kini Merakyat

Power door lock, salah satu fitur keselamatan dan kenyamanan yang jamak ditemukan pada mobil saat ini. Namun jika dirunut,  fitur ini merupakan salah satu kemewahan  di masa silam.

Seperti dimuat di kbb.com menyebutkan bahwa pada 1914 Scripps-Booth dikenal sebagai penemu yang mengenalkan fitur ini. Awalnya power door lock merupakan perangkat tambahan yang hanya mampu dibeli oleh kaum berduit saat itu.

 

Power door lock pertama kali menjadi fitur opsional yang ditawarkan oleh Packard pada 1956. Selanjutnya, pada era 60-an pabrikan mobil mewah Amerika lainnya seperti Cadillac, Lincoln atau Imperial menjadikan perangkat ini sebagai fitur standar.

Inovasi pada fitur ini pun berkembang, salah satunya adalah Ford Motor Company memperkenalkan sistem kunci masuk tanpa keypad eksternal pada tahun 80-an. Penggunanya cukup memasukkan kombinasi numerik yang dapat diprogram untuk membuka kunci pintu tanpa harus menggunakan anak kunci.

Inovasi terus muncul salah satunya dengan menggunakan frekuensi. Pintu dapat dikunci dan dibuka kuncinya dengan media frekuensi yang diaktifkan dengan sistem remote, seperti yang kita kenal saat ini.

Power door lock dengan remote pertama kali disematkan pada Renault Fuego di tahun 1982 di mana remote yang dipergunakan hanya untuk membuka dan mengunci pintu saja dan tidak dihubungkan dengan alarm.

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com