Porsche Hidupkan Lagi Seri 718 Nan Legendaris

Porsche Hidupkan Lagi Seri 718 Nan Legendaris

Produsen mobil Eropa sepertinya kerap menghidupkan kembali mobil yang dahulu pernah diproduksi. Meski tentu saja diberi desain dan teknologi modern. Sebut saja Fiat 500, Mini Cooper atau Mercedes-Benz SLS Gullwing

Dan Porsche juga demikian. Karena seperti yang dilansir Worldcarfans (14/12), produsen asal Stuttgart ini akan menghidupkan kembali Porsche 718 yang legendaris. Bagi yang belum tahu, Porsche 718 adalah mobil berdimensi kompak yang diproduksi pada tahun 1957 sampai 1962 hanya untuk mengikuti kejuaraan balap. Setelah 54 tahun disuntik mati, akhirnya Porsche akan menghidupkan kembali nama besar 718.

Sayangnya kehadiran 718 bukan untuk melahirkan varian baru di jajaran Porsche modern. Ia hanya menggantikan posisi Porsche 981, atau lebih kota kenal sekarang dengan Boxster dan Cayman, Sehingga Porsche 718 nantinya akan bernama 718 Boxster serta 718 Cayman. Cayman sendiri merupakan versi atap tertutup dari Boxster. Dimensinya diperkirakan makin mungil.

Tak hanya dimensinya, namun dapur pacu yang digunakan pun mengecil. Karena tak lagi menggunakan 6 silinder seperti 981, namun akan digantikan dengan mesin 4 silinder turbo 2.000 cc berdaya 240 dk untuk 718 Cayman/Boxster, serta 4 silinder turbo 2.500 cc berdaya 300 dk untuk 718 Cayman S dan Boxster S. Serta mesin serupa bertenaga 370 dk untuk varian GTS.

Hal tersebut tak lain untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi. Walaupun tentu saja akan berefek pada karakter suara mesin yang tak seeksotis mesin V6 tanpa turbo.

Tak heran banyak pihak menyayangkan Porsche memilih nama legendaris untuk produk yang sebenarnya makin jauh dari esensi supercar. Tapi bisa saja ini untuk menolong Boxster dan Cayman yang kerap dianggap orang sebagai mobil untuk konsumen yang belum sanggup membeli 911. Dengan pemakaian nama 718, kelihatannya Porsche berusaha menancapkan identitas baru yang kuat pada kedua produknya ini.

Dikabarkan juga mobil ini akan melakukan peluncuran perdananya pada Geneva Motor Show pada Maret mendatang. Belum ada bocoran tentang harga, namun bisa dipastikan bahwa untuk 718 Boxster akan dibandrol lebih mahal ketimbang 718 Cayman.

Di bawah ini kami beri video teaser 718 yang dilansir oleh Porsche.

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com