Polisi Imbau Pulang Mudik Hari Ini Lewat Jalur Selatan

Polisi Imbau Pulang Mudik Hari Ini Lewat Jalur Selatan

Hari Raya Lebaran sudah dijalani oleh semua yang merayakannya. Dengan demikian yang dicermati pihak terkait adalah pergerakan arus balik mudik dari kampung halaman ke kota-kota besar seperti Jakarta.

Berkaca dari arus mudik yang terjadi di beberapa hari lalu, jalur utara masih dianggap pemudik jadi primadona. Terutama karena adanya tol Cipali, orang-orang menganggap perjalanannya bisa ditempuh lebih cepat, walau akhirnya pintu tol Brebes Tmur alias Brexit tak mampu mengakomodir lonjakan volume yang besar. Maka dari itu Kepolisian menganjurkan untuk pemudik melirik jalur selatan.

"Mohon tidak hanya menggunakan Jalan Tol Cipali, tetapi juga gunakan jalan lain, termasuk jalur selatan melalui Banjar, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Nagrek, dan Bandung, termasuk juga jalur pantura yang lama. Itu kondisinya, paling tidak, masih didukung fasilitasnya," tukas Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Kepala Korlantas Polri yang dilansir Antara (6/7).

Hal itu diharapakan akan membagi konsentrasi volume kendaraan antara jalur selatan dan Pantura. Terlebih agar tidak lagi terjadi kemacetan panjang di dalam kota Brebes. Namun bagi Anda yang menuju Jakarta, harap lebih waspada untuk antisipasi kemacetan panjang yang diprediksi akan terjadi di gerbang tol Cikarang Utama.

"Arus balik konsentrasi ujungnya di Cikarang Utama. Sebelum Cikarang Utama, banyak jalur yang bisa dialihkan dari mulai Karawang Timur dan Karawang Barat," sambung Puji Hartanto Iskandar, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Kepolisian Lalulintas juga menyarankan agar pemudik dapat membantu menekan volume kendaraan dengan mempercepat perjalanan pulang sebelum akhir pekan mengingat prediksi puncak arus balik terjadi pada H+3 Lebaran, yakni Sabtu (9/7) malam. Artinya bagi Anda warga Jakarta yang masih di kampung halaman, silakan mengarah pulang hari ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com