Pertamax Akan Banyak Dicari Pada Musim Akhir Tahun, Ini Antisipasi Pertamina

Pertamax Akan Banyak Dicari Pada Musim Akhir Tahun, Ini Antisipasi Pertamina

Menjelang libur Natal dan tahun baru 2019 yag akan berlangsung tak lama lagi, diprediksi arus lalulintas ke luar kota Jakarta meningkat. Maka permintaan BBM pun juga dipastikan meningkat. Pertamina pun sudah membaca hal tersebut.

Sebagai langkah antisipasi, Pertamina membentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk memastikan ketersediaan BBM di musim cuti bersama Natal dan tahun baru 2019. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi antrean panjang atau bahkan kelangkaan BBM.

 

Dalam keterangan tertulisnya (19/20), Pertamina menyiagakan sebanyak 3687 SPBU untuk bisa beroperasi penuh 24 jam. Sementara untuk mengantisipasi kebutuhan pada masa puncak, Satgas Naru Pertamina juga menyediakan fasilitas tambahan yakni 16 Mobil Dispenser, 24 Motor Kemasan, 31 KiosK Pertamax, 54 Buffer Tank BBM, serta 3,7 KL BBM Kemasan.

Semuanya ditujukan untuk menghadapi arus pergerakan kendaraan pada titik utama pulau Jawa dari Ibukota menuju daerah tujuan. "Pertamina menyediakan sarana tambahan jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya. Pengalaman mengelola kebutuhan BBM saat Satgas Lebaran Idul Fitri, Pertamina menambah volume BBM Kemasan jenis Pertamax dan Dex sekitar 32% dari 2017. Overall Pertamina mempersiapkan 125 moda layanan di sepanjang jalur mudik,” ujar Mas’ud Khamid, Direktur Pemasaran Retail Pertamina. 

Secara keseluruhan, Pertamina menyalurkan BBM jenis gasoline sebesar 99,7 ribu Kilo Liter (KL) atau naik 5,6% dari kondisi normal. Sementara BBM jenis gasoil naik sekitar 2,5% sebesar 41,2 ribu KL. Satgas Pertamina juga memprediksi permintaan tertinggi BBM terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018 dan Sabtu, 5 Januari 2019.

Mas’ud Khamid menambahkan, pada masa operasi Satgas Naru tahun ini, Pertamina memprediksi permintaan terhadap produk unggulan mengalami peningkatan signifikan. BBM Pertamax yang digunakan kendaraan pribadi diperkirakan melonjak hingga 6%, sementara BBM beroktan paling tinggi Pertamax Turbo hingga 3%. Demikian halnya dengan Pertamina Dex, Pertamina juga memproyeksi terdapat kenaikan hingga 5%. Proyeksi kenaikan permintaan tertinggi pada BBM jenis Dexlite yang mencapai 26%.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com