Perhatikan Hal Ini Ketika Hendak Merotasi Ban

Perhatikan Hal Ini Ketika Hendak Merotasi Ban

Rotasi ban merupakan salah satu cara untuk mensiasati tingkat keausan ban. Dengan melakukan teknik ini, tingkat keausannya menjadi rata dibandingkan tidak dirotasi sama sekali.

Namun, jika Anda ingin melakukan perputaran, jangan sembarangan, karena ada aturan mainnya. Abeng selaku pemilik bengkel ban Victory di kawasan Tangerang Selatan menjelaskan aturan untuk merotasi ban.

 

“Lakukan setiap 10.000 km sekali. Paling bagus paling bagus lakukan secara menyilang. Kalau di buku manual, aturannya menyilang dari depan kiri ke kanan, belakang, dan begitu juga sebaliknya,” ujar Abeng ketika diwawancarai di bengkelnya (27/1).

Keausan paling parah biasanya terjadi di bagian depan karena kerjanya yang berat. “Biasanya ban yang cepat habis itu bagian depan karena kinerjanya yang berat. Maka dari itu, sebisa mungkin lakukan rotasi ban secara rutin setiap 10.000 km sekali,” tambah Abeng.

Tentunya hal ini dapat meningkatkan keselamatan berkendara. Selain itu juga, rotasi ban berguna untuk meringankan biaya perawatan terhadap mobil Anda.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com