Perbedaan VW Tiguan Indonesia dengan Versi Global

Perbedaan VW Tiguan Indonesia dengan Versi Global

Volkswagen Tiguan generasi kedua telah resmi debut dunia sejak 2016 silam dan diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2017 lalu. Kira-kira terdapat perbedaan apa saja versi luar dengan versi Indonesia? Apakah terdapat versi 7 penumpangnya? Sebab SUV kompak generasi kedua ini sudah diproduksi dalam 2 varian wheelbase, yakni Short Wheel Base (SWB) dan Long Wheel Base (LWB).

Perbedaan yang paling mencolok antara Tiguan versi luar dan versi Indonesia adalah varian 7 penumpang dengan nama Tiguan Allspace. Varian tersebut hanya dijual untuk beberapa wilayah; Eropa, Amerika Utara, Tiongkok dan beberapa Negara lainnya. Jadi dapat disimpulkan, pasar Indonesia hanya menjual Tiguan versi 5 penumpang.

 

Berdasarkan data yang diambil dari website resmi Volkswagen, dimensi Tiguan Allspace memanjang 215 mm ketimbang Tiguan versi Indonesia yang hanya 2 baris bangku. Tidak hanya itu, wheelbase-nya juga memanjang sekitar 106 m. Dengan panjang yang bertambah, otomatis kapasitas bagasinya pun lebih luas. Allspace memiliki kapasitas bagasi 230 liter saat jok baris ketiga dilipat.

VW Tiguan Allspace memiliki total 7 varian di Inggris dan banderol harganya mulai dari £29,370 atau setara dengan Rp 533 jutaan. Sedangkan untuk pasar Indonesia, Tiguan dijual mulai dari harga Rp 695 jutaan.

Bicara soal jantung pacu yang dipakai ternyata sama, yakni mesin bensin turbo berkapasitas 1.400 cc TSI yang dipasangkan dengan transmisi DSG. Namun untuk pasar Indonesia, tidak terdapat mesin diesel berkapasitas diesel 2.000 cc TDI dan bensin 2.0 TSI.

 

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com