Perangkat Towing Bar Beralih Fungsi Jadi Bumper Anti Tabrak Sepeda Motor

Perangkat Towing Bar Beralih Fungsi Jadi Bumper Anti Tabrak Sepeda Motor

Jika diperhatikan, beberapa mobil terutama SUV ataupun MPV semakin banyak ditemui pada bagian belakang nampak ditambahi dengan sebuah berbahan besi. Beberapa nampak dilengkapi dengan towing ball.

“Awalnya perangkat ini hadir sebagai aksesoris towing bar. Fungsinya untuk menarik gandengan (anhang ataupun caravan),” terang Yoyok dari Toko 79 yang membuka gerainya di bilangan Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat.

Yoyok mengatakan bahwa kemudian aksesoris ini mulai menjadi salah satu aksesoris yang banyak digemari oleh pecinta SUV. “Awalnya hanya tersedia dalam wujud barang ‘branded’ seperti Mopar ataupun ARB yang menyediakan untuk merek mobil tertentu seperti Jeep,” ungkap pria ramah ini. “Lantaran dinilai mampu memberikan penampilan macho, tak sedikit pemilik SUV dari merek lain yang ingin memasang di mobilnya. Dari situlah muncul produk-produk lokal yang kemudian dengan mudah diterima oleh pasar, karena harganya relatif terjangkau,” imbuhnya.

 

Pria penyuka burung ocehan ini melanjutkan, bahwa peranti ini mulai dilirik pula untuk jenis kendaraan lain dan mulai ada pergeseran fungsi. Barang ini tak lagi berlaku sebagai towing bar, akan tetapi dipasang sebagai ‘perangkat anti tabrak sepeda motor.

“Rupanya pasar di Indonesia meresponnya perangkat ini karena fungsi lain yakni perangkat untuk menahan tabrak belakang terutama dari sepeda motor,” kekehnya.

Yoyok menambahkan bahwa saat inipembeli terbesar alat ini bukan untuk towing bar tapi untuk perangkat anti tabrak sepeda motor.

Produk lokal, tersedia untuk berbagai SUV dan MPV dan sebagian besar untuk perangkat anti tabrak motor
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com