Penurunan Performa Mesin Justru Bikin All New Mazda 3 Lebih Irit

Penurunan Performa Mesin Justru Bikin All New Mazda 3 Lebih Irit

All New Mazda 3 dipastikan akan diperkenalkan saat di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 mendatang. Line up terbaru dari Mazda ini juga mengusung ‘Kodo Design’ sebagai ciri khas generasi terbaru Mazda.

Dengan desain yang sporty dan agresif yang diusung varian hatchback dan sedan, keduanya juga dibanjiri fitur yang membuatnya kian menarik untuk dimiliki. Semua fitur yang tertanam juga merupakan peningkatan dari model generasi sebelumnya.

Meski demikian, tak semuanya mengalami peningkatan. Karena nyatanya ada ubahan pada sektor mesin yang membuat performanya justru menurun.

 

Baca juga:  Mitsubishi Janji Eclipse Cross Tak Sampai RP 500 Juta

Sama seperti model terdahulu, All New Mazda 3 juga mengusung mesin SkyActive-G 2.000 cc, hanya saja kini piston telah dioptimasi, intake force dan cooling control juga diubah. “Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan eficiency pada All New Mazda 3,” ucap Kenny Wala selaku Product Planner PT Eurokars Motor Indonesia (EMI).

Jika pada generasi sebelumnya performa mesin mencapai 165 ps dan memiliki torsi sebesar 210 Nm. Kini pada model terbaru hanya mendapatkan tenaga sebesar 153 ps pada rpm 6.000 dan torsi puncak di angka 200 Nm di putaran 4.000 rpm.

Namun demikian, saat ini Mazda 3 justru dapat menenggak bensin dengan oktan yang lebih rendah. Model terdahulu diharuskan meminum RON 95, sementara yang model terbaru ini bisa meminum RON 92.

Baca juga: Kabin Mazda 3 Bikin Pengemudi Senang

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com