Panjang Tol Cipali Hanya 1/400 Tol Terpanjang Dunia

Panjang Tol Cipali Hanya 1/400 Tol Terpanjang Dunia

Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) merupakan tol terpanjang di Indonesia. Namun ternyata, jalan tol yang telah merengut 12 nyawa sejak diresmikan Sabtu (13/6) lalu itu jaraknya tidak seberapa dibanding dengan beberapa tol panjang di dunia.

Ingin tahu? Tol Cipali terbentang sejauh 116,75 km. Coba bandingkan dengan tol-tol berikut :

Pan American Highway - Amerika

Inilah jalan tol terpanjang di dunia. Jalan tol di Amerika ini memiliki panjang 47.516 kilometer yang membentang mengelilingi Benua Amerika, dari ujung utara, Alaska, hingga ujung selatan, Chile. Sebanyak 25 negara dan 17 ibukota dilewati oleh jalan tol ini.

Trans Siberian Highway - Rusia

Tidak mau kalah dengan Amerika, Rusia juga memiliki jalan tol terpanjang yang mengagumkan. Trans Siberian Highway memiliki panjang 11.000 kilometer yang menghubungkan Rusia bagian utara hingga bagian tenggara yang berbatasan dengan Laut Jepang dan Samudera Vladivostok. Kota St. Petersburg dan Vladivostok menjadi dua ikon kota yang menghubungkan awal dan akhir jalan tol terpanjang di Rusia ini.

Australia`s Highway - Autralia

Australia juga memiliki salah satu jalan tol terpanjang di dunia. Jalan ini dibuat dengan sistem penomoran jalur antar negara bagian untuk mempermudah pengaturan lalu lintas. Australia`s Highway membentang sepanjang 14.500 kilometer yang merupakan kesatuan jalan-jalan, membentang mengelilingi seluruh negara bagian Australia.

Trans Canada Highway - Kanada

Salah satu jalan tol terpanjang di dunia ini merupakan jalan tol yang terintegrasi secara modern yang menghubungkan Vancouver, British Columbia, dan berakhir di St. John`s Newfoundland. Pembuatan jalan tol ini memakan waktu tidak kurang dari satu windu yang melalui 10 provinsi dan 5 zona pada waktu itu.

The Tarim Desert Highway - China

The Tarim Desert Highway merupakan jalan tol terpanjang se-Asia yang berada di Cina. Jalan tol ini membentang sepanjang 998 kilometer yang dimulai dari kota dengan sumber minyak bumi, Tarim.

Jarak bentang jalan tol di suatu tempat memang ditentukan geografis negara tersebut. Indonesia yang merupakan negara kepulauan rasanya tak mungkin mempunyai tol sepanjang itu. Kecuali memang ada rencana fantastis untuk menghubungkan antar pulau di Indonesia melalui Jalan Tol.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com