Pakai Oli Biodiesel di Mesin yang Belum Biosolar, Ini Efeknya

Pakai Oli Biodiesel di Mesin yang Belum Biosolar, Ini Efeknya

Mobil-mobil diesel keluaran terbaru punya tingkat kepresisian dan teknologi makin tinggi. Wajar saja mesin tersebut membutuhkan bahan bakar lebih berkualitas dibanding Solar, salah satunya Biosolar.

Dengan pemakaian bahan bakar yang juga ramah lingkungan itu ternyata bisa makin sempurna bila diikuti dengan konsumsi pelumas mesin yang baik juga. Dalam hal ini oli biodisel menjadi pilihan paling tepat. Memang sejauh ini produk oli yang berspesifikasi bio alias yang mengandung nabati masih sedikit. 

Nah, yang jadi pertanyaan adalah jika mesin diesel belum pakai bahan bakar biosolar apakah boleh jika olinya pakai yang sudah biodiesel? Kami pun mendapat jawaban lengkapnya dari Mia Krishna A yang menjabat Product Dev. Specialist PT Pertamina Lubricants.

"Oli biodiesel boleh dipakai untuk mesin diesel yang belum biosolar. Justru oli tersebut akan lebih tahan lama," yakin Mia yang berhasil meracik produk Pertamina Meditran SX Bio di laboratoriumnya. "Penggantian oli mesin malah bisa 30 sampai 40 persen lebih lama dari jadwal biasanya."

Hal itu sangat dimungkinkan karena oli seperti Meditran SX Bio punya Total Base Number (TBN) dengan muatan aditif yang lebih rendah seperti oli non bio (nabati). Dengan kandungan anti oksidan dan kemampuan membersihakan mesin yang baik oli biodesel malah makin kuat di mesin yang belum meminum biosolar.

Layak dicoba bagi Anda pemilik mobil diesel konvensional.

 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com