Pabrik Toyota Indonesia Sukses Transfer Keahlian Kepada para Pemasok

Pabrik Toyota Indonesia Sukses Transfer Keahlian Kepada para Pemasok

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) merayakan seremoni berakhirnya pelaksanaan Toyota Production System(TPS) Jishuken yang ke-10 di Resinda Hotel, Karawang (30/11). TPS Jishuken merupakan sebuah program transfer keahlian dan keterampilan dari Toyota kepada para pemasok pabrik sebagai upaya konsisten dari Toyota Indonesia agar  terus memperkuat daya saing rantai suplai industri otomotif.

“Toyota Indonesia berkomitmen untuk terus-menerus berupaya menambah kontribusi kepada bangsa Indonesia melalui peningkatan daya saing bisnis. Salah satu strategi penting untuk mencapainya adalah dengan membangun kapabilitas dan Sumber Daya Manusia di perusahaan-perusahaan rantai pasok kami,” ujar Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN.

 

Istilah Jishuken diambil dari 2 kata dalam bahasa Jepang, yaitu Jishu dan Kenkyu yang berarti self-independent investigation atau kemampuan untuk melakukan investigasi permasalahan dan membuat rencana serta aktivitas perbaikannya secara mandiri. Jishuken itu sendiri merupakan salah satu bentuk pelatihan untuk menjamin proses transfer ketrampilan serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang dilakukan oleh Toyota kepada seluruh pemasok lokal di Indonesia, khususnya mengenai pelaksanaan sistem produksi Toyota (TPS).

“Peningkatan daya saing menjadi kunci utama untuk menjawab tantangan era pasar global saat ini. Toyota juga akan mengisi peluang di era ini dengan upaya-upaya untuk menjadi basis rantai suplai global. Salah satunya melalui kegiatan yang fokus pada peningkatan ketrampilan dan pemahaman mengenai Toyota Production System pada karyawan di rantai pemasok sebagai upaya menyelaraskan keterampilan berstandar global”, sambung Edward Otto Kanter, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Toyota sendiri telah berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia sesuai dengan semangat Toyota Berbagi (Bersama Membangun Indonesia) melalui kegiatan sosial kemasyarakatan di bidang pendidikan untuk membangun SDM Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan, mulai program Toyota Eco Youth (TEY), Yayasan Toyota & Astra (YTA) hingga kuliah umum TPS dan Lean ManufacturingLab di beberapa universitas.

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com