Pabrik Pengolahan Bahan Baku Ban Michelin Resmi Berdiri di Cilegon

Pabrik Pengolahan Bahan Baku Ban Michelin Resmi Berdiri di Cilegon

Pabrik karet sintetis pertama di Indonesia resmi berdiri, Kamis (29/11). Pabrik bernama PT Synthetic Rubber Indonesia (SRI) memporoduksi bahan baku berupa Polybutadiene Rubber dan Solution Styrene Butadiene Rubber berlokasi di kawasan Cilegon, Banten.

Kehadiran pabrik ini tentunya memperkuat sektor manufaktur dengan menghasilkan produk-produk bernilai tambah. Bahan baku dari yang bersimber dari Chandra Asri Petrochemical ini diolah oleh pabrik PT SRI lalu digunakan sebagai komponen utama ban ramah lingkungan Michelin.

 

Kerjasama Michelin dengan bahan baku yang bersumber dari Chandra Asri merupakan bentuk upaya permintaan global yang tinggi terhadap produk ban telah memacu permintaan terhadap produksi karet sintetis.

Hal ini menjadi faktor utama mengapa Michelin memilih membangun pabrik karet sintetis ketiganya di Indonesia setelah Perancis dan Amerika Serikat.

“Michelin membutuhkan pasokan karet sintetis yang reguler untuk memastikan pertumbuhan ban ramah lingkungan secara global. Untuk itu, kehadiran PT SRI sangat penting bagi Michelin. Karenanya, kami bermitra dengan Chandra Asri sebagai realisasi komitmen kami untuk berinvestasi di Indonesia,” ujar Florent Menegaux, General Managing Partner Michelin Group.

Langkah Michelin itu pun mendapat sambutan dari Menteri Perindustrian. “Pemerintah mengapresiasi langkah Michelin dan Chandra Asri dalam membangun industri manufaktur yang menghasilkan produk berdaya saing tinggi melalui pemanfaatan teknologi. Kehadiran SRI dapat memenuhi permintaan domestik maupun global dan berkontribusi langsung dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara berkelanjutan,” jelas Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia yang menghadiri peresmian pabrik tersebut.

Bahan baku berupa hasil produksi PT SRI ini lantas diekspor ke beberapa pabrik ban Michelin yang berada di seluruh dunia. Di antaranya Thailand, Tiongkok, Perancis dan Amerika Serikat. Yup, pabrik ini tidak memproduksi ban Michelin secara utuh, namun hanya menyuplai bahan pembuatan ban Michelin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com