"Obyek yang Terlihat di Spion Lebih Dekat dari yang Sebenarnya"

"Obyek yang Terlihat di Spion Lebih Dekat dari yang Sebenarnya"

Beberapa produsen kendaraan menyematkan peringatan yang tertulis pada permukaan cermin spion produknya yang berbunyi berbunyi  ‘objects in the mirror are closer than they appear’ alias obyek yang terlihat di cermin (spion) lebih dekat dari yang sebenarnya. Mengapa mereka merasa penting untuk memberikan peringatan tersebut?

Kaca spion menjadi ‘mata’ untuk mengawasi kondisi bagian belakang ataupun samping kendaraan. Agar dapat menunaikan tugasnya dengan baik, maka spion harus dapat memberikan informasi pantulan gambar yang lebih lebar dan luas, sehingga pengemudi dapat lebih leluasa memantau kondisi yang ada di belakang mobilnya tersebut.

 

Dikutip dari howstuffwork.com Agar dapat memantulkan gambar yang lebih luas, maka sebuah spion membutuhkan cermin khusus yang disebut sebagai kaca cermin convex dengan permukaan berbentuk cembung.

Dengan permukaan kaca cembung, maka terjadi distorsi yang menyebabkan pantulan gambar jadi lebih lebar dan luas. Dengan demikian, pandangan yang dihasilkannya pun lebih lebar dan luas dibandingkan kaca datar. Karenanya pantulan obyek yang berada di belakangnya jadi lebih luas.

Hanya saja, distorsi pada bayangan cermin convex ini memantulkan gambar yang nampak lebih jauh dari kondisi yang sesungguhnya. Distorsi yang ada membuat gambar seolah berada di jarak yang lebih jauh dari kondisi riilnya. Karenanya beberapa pabrikan mobil merasa harus memperingatkan pengguna produknya bahwa obyek yang dilihatnya tersebut lebih dekat dari yang nampak.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com