Nissan Terra Menjelajah Papua Barat Dengan Modifikasi Minimalis

Nissan Terra Menjelajah Papua Barat Dengan Modifikasi Minimalis

Walau jutaan orang telah mendengar nama Papua Barat, namun wilayah paling timur di Indonesia ini masih berupa daerah yang belum banyak dikenal terutama mengenai keindahan alamnya.

Kesamaan visi antara Nissan Indonesia dan Youk Tanzil sebagai seorang penjelajah Indonesia mengantarkan Nissan All New Terra sebagai kendaraan utama yang digunakan dalam ekspedisi Ring Of Fire di bumi Cendrawasih.

Perjalanan sepanjang 1.800 km dari Jayapura ke Wamena, Habea dan Tiom telah dilakukan Youk Tanzil bersama istri dan putrinya pada Maret silam. Dalam konverensi pers yang digelar di booth Nissan pada GIIAS 2019 (20/07), terungkap bahwa dalam melakukan perjalanan penuh tantangan di tengah jalur darat Papua ini, SUV 4x4 bermesin diesel 2.500 cc ini tidak harus banyak melakukan rangkaian modifikasi berat. “Kami hanya mengganti ban dengan tipe MT (Mud Terrain) dan menambah skid plate pada bagian kolong mobil untuk melindungi bagian penting dari drivetrain dari hantaman batu atau benda keras lainnya. Selebihnya standar bawaan mobil,” jelas Youk.

“Alam Papua memiliki kontur yang tidak rata dan ekstrim dengan pegunungan, lembah yang membentang hampir di seluruh daerah di sana. Karena memiliki aneka ketinggian daratan, dalam satu hari perjalanan kita bisa merasakan perubahan temperatur yang sangat besar antara 9 hingga 40 derajat celcius,” lanjut pria yang memulai perjalanan Ring Of Fire sejak 10 tahun silam ini.

“Kami butuh kendaraan baik motor dan mobil yang dapat dihandalkan untuk menembus alam Papua dan kebetulan Nissan menyodorkan Terra untuk perjalanan ini,” terang pengusaha nyentrik ini.

“Selain untuk lebih mengenal keindahan alam Indonesia, kami juga ingin menunjukkan bahwa Terra cukup mampu dihandalkan dan terbukti cukup tangguh untuk melintas alam ganasnya alam Papua dengan kondisi nyaris standar,” terang Hana Maharani, Head of Communication  PT Nissan Motor Indonesia dalam kesempatan yang sama.

Nissan Terra yang digunakan pada ekspedisi ini merupakan varian VL berpenggerak 4x4 dan bertransmisi otomatik.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com