Nasib Mesin Diesel Mercedes-Benz Indonesia

Nasib Mesin Diesel Mercedes-Benz Indonesia

Mercedes-Benz menjadi salah satu pabrikan yang menjual mobil bermesin diesel di Indonesia. Di tengah gencarnya PT Mercedes-Benz Distributor Indonesia (MBDI) mengkampanyekan EQ, teknologi ramah lingkungan temuannya, kami penasaran akan "nasib" model dieselnya.

Terlebih di ranah Eropa, dataran tempat Mercy lahir, isu larangan mobil penenggak solar tengah hangat diperbincangkan. Lantas apa kabarnya di Indonesia?

"Kami tidak menyebutnya (diesel) sebagai teknologi yang ramah lingkungan. Karena bagaimana pun juga yang namanya mobil itu menghasilkan gas buang, intinya itu. Kami tidak menyebut kendaraan kami ramah lingkungan, itu yang pertama. Yang kedua, masa depan mesin diesel, baik-baik saja sebenarnya. Kami masih Euro 4 (diesel-nya). Jadi kalau nanti mau ditetapkan Euro 4 ya baik-baik saja, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," papar Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication PT MBDI (30/5).

 

Ia menyebut bahwa principal Mercedes-Benz di Jerman masih berusaha mengembangkan jenis propulsi diesel. Sebab mesin ini masih dianggap punya prospek yang bagus untuk dipakai passanger car. 

Karena model diesel tak sebanyak model bermesin bensin di line up Mercy Indonesia, populasinya pun tak sebanyak tipe bensin. Begitu pula di bengkel resmi. Namun PT MBDI menjamin layanan purna jual berbagai modelnya yang bermesin diesel tetap terjaga.

"Yang servis tentu masih lebih banyak tipe bensin. Sekarang itu yang lagi banyak peminatnya adalah GLA diesel. Kalau G Class yang masuk ke bengkel kami itu tidak terlalu banyak, tapi spareparts-nya masih bagus (ketersediaannya). Untuk spareparts kami menjamin kok. Kalau pun tidak ada, kami akan datangkan dari Jerman," tutup Ferdyan Eka Surya, Deputi Direktur Customer Passanger Car PT MBDI.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com