Mudik in Style 2019: Catatan Perjalanan Nissan Terra 4x4 ke Solo

Mudik in Style 2019: Catatan Perjalanan Nissan Terra 4x4 ke Solo

Nissan Terra VL 4x4 adalah salah satu line up yang ada dalam Mudik in Style 2019. SUV yang mengusung mesin serupa dengan Navara ini telah dijajakan Nissan sejak Agustus 2018 lalu. Berkat ketangguhannya, Terra akhirnya dipilih oleh Ahmad Biondi yang merupakan salah seorang reviewer OtoDriver.

Meskipun tidak mudik, namun Bonte sapaan akrab Biondi, memutuskan untuk plesir ke Jawa Tengah bersama keluarga, Kota Surakarta dipilih sebagai destinasi pertamanya. Berangkat pukul 22.00 WIB dari rumahnya di Jakarta Selatan, dari pantauan peta digital ternyata masih menunjukan beberapa titik kemacetan di tol Cikampek dan Cipali, alhasil Bonte memutuskan untuk keluar di exit Bekasi Timur setelah berkutat di tol Jorr dari Jakarta Selatan.

Tanpa terasa, dari Bekasi Timur hingga Cirebon, Terra tak lagi menggunakan akses tol, hal tersebut karena jalur Cikarang-Karawang-Purwakarta hingga Pantura yang biasa dilalui truk dan bus kini sudah tidak ramai dilalui. Hanya sebagian pemudik roda dua yang masih terlihat memadati jalur lama ini. Kecepatan rata-rata bahkan bisa mencapai 70-80 km/jam. Mungkin banyak kendaraan pribadi yang memilih tetap menggunakan jalur tol karena dianggap lebih praktis, sehingga lupa kalau Pantura masih bisa jadi alternatif jika tol mengalami kemacetan.

 

Setelah masuk dari gerbang tol Palimanan, Bonte tak lagi menemui kemacetan di tol hingga keluar Solo. Nissan Terra VL yang dipersenjatai mesin 2.488 cc 4 silinder DOHC dengan turbocharger yang memiliki tenaga 190 dk dengan torsi maksimal 450 Nm bahkan mampu dipacu hingga 120 km/jam.

Setelah tiba di Solo sekitar pukul 05.00 WIB, total perjalanan yang ditempuh hanya 7 jam, itu pun sudah termasuk dua kali berhenti untuk makan dan isi BBM. Dengan jarak tempuh sekitar 571 km, Terra berhasil mencatatkan konsumsi BBM 9,1 km/liter.

Memang bukan yang terbaik di kelasnya, namun untuk digunakan keluar kota, mobil ini benar-benar tangguh dengan tenaga dan pengendalian yang tergolong baik.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com