Modifikasi Jimny Pakai 4AGZE, Total Habis RP 180 Juta

Modifikasi Jimny Pakai 4AGZE, Total Habis RP 180 Juta

Suzuki Jimny merupakan model ikonik yang pernah dipasarkan Suzuki Indonesia. Mobil legendaris tersebut memiliki banyak penggemar yang juga doyan memodifikasi kendaraan Mini SUV tersebut. Seperti yang dilakukan Herjudanto Dito yang memodifikasi Jimny Sierra tahun 84 nya menjadi ala speed off-road.

Dito mengubah beberapa bagian untuk membuat Jimny Sierra miliknya berkonsep speed off-road. Agar mendapatkan tenaga yang besar, Dito menggusur mesin asli Jimny Sierra 1.000 cc dengan menggunakan mesin Toyota AE86 dengan kode mesin 4AGZE. "Bahannya itu Sierra tahun 1984, terus pakai mesin 4AGZE yang gelondongan sama gearbox dan supercharge," ungkap Dito saat diwawancarai OtoDriver di Parkir Timur Senayan, Minggu lalu (24/2).

 

Mesin 4AGZE itu dikawal karburator Mikuni 4 barel yang diklaim bisa mencapai 60 km/jam pada percepatan pertama. "Gear pertama masuk redline itu masih 60 km/jam, itu masih ada nafas. Tapi engga berani pol-polan karena takut rontok," ungkap Dito.

Dito juga mengubah sejumlah bagian untuk mendukung modifikasinya. Antara lain adalah gardan yang diganti menggunakan gardan dari Jimny Samurai. "Gardannya lebih lebar, ini pakai samurai. Kap mesinnya juga pakai samurai karena lebih jenong," urai Dito.

 

Selain mesin dan gardan yang membuat tampilan utamanya menjadi speed offroad, Dito juga mengubah hal lain. Seperti rollbar 6 titik seamless, shockbreaker merek Fox, jok dari Recaro dan setir merek Sparco.

Untuk impresi berkendara setelah modifikasi ini, Dito mengaku Jimny kesayangannya tersebut memiliki power yang lebih besar dan nafas yang panjang. Namun di antara semua keunggulan tersebut, terdapat harga yang harus dibayar. Dito harus merelakan konsumsi bensin yang tergolong sangat boros pada Jimny-nya ini, yakni 1:5.

 

Dito mengaku untuk melakukan ubahan speed off-road tersebut menghabiskan dana mencapai lebih kurangnya Rp 180 juta. "Mesinnya masih di bawah Rp 20 juta. Kalau total engga lebih dari Rp 100 juta. "Bahannya" sendiri sekitar Rp 80 jutaan," ungkap Dito.

Sayangnya Dito tidak menyebutkan bengkel yang jasanya dia gunakan untuk memodifikasi Jimny kesayangannya tersebut. Bagaimana? Minat berburu Jimny dan merombaknya?

Foto: Brian

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com