Mobil Listrik Tak Sepenuhnya Emisi 0%

Mobil Listrik Tak Sepenuhnya Emisi 0%

Berbincang mengenai mobil ramah lingkungan maka tak salah jika fokus perbincangan akan bermuara pada sosok kendaraan murni elektrik atau Electric Vehicle (EV) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai mobil listrik.

Mobil ini sepenuhnya menggandalkan daya listrik yang disimpan pada baterai-nya, sehingga tidak jarang disebut sebagai Battery Electric Vehicle (BEV).

Di atas kertas mobil ini menjadi yang paling ‘bersih’ dibandingkan dengan jenis mobil konvensional, mobil hybrid ataupun Plug-in Hybrid. “Benar, bahwasanya mobil full elektrik jadi yang paling bersih dibandingkan dengan jenis mobil lain, tapi bukan berarti mobil ini tidak ada emisinya lho,” kata Agus  Purwadi Ketua Tim Mobil Listrik Nasional (Molina), saat diwawancarai di Universitas Udayana, Bali pekan lalu (23/4).

 

“Emisi datang dari mobil itu berupa debu karet yang berasal dari gesekan antara aspal dan ban. Sedangkan yang terbesar berasal dari tempat pembangkit daya listrik, yang menjadi tempat pembuat daya untuk diisikan ke dalam baterai mobil,” ungkap akademisi Institut Teknologi Bandung ini.

“Apalagi jika masih mengandalkan pembangkit listrik seperti di Indonesia yang sebagian besar mengandalkan dari bahan bakar batu bara,” jelasnya lebih lanjut.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil listrik memindahkan beban polusi ke daerah pembangkit listrik. Namun Agus mengatakan bahwa polusi yang dihasilkannya masih jauh lebih baik dibanding melepas polusi di jalanan. “Polusi yang dihasilkan lebih terkendali dan bisa semakin diminimalisir dengan munculnya pembangkit listrik yang lebih berwawasan lingkungan,” pungkasnya.

Kehadiran mobil listrik, hybrid ataupun  hydrogen Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) tetap saja memiliki emisi, namun lebih kecil dan lebih bisa dikendalikan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com