Mobil Lawas Sebagai Sumber Investasi

Mobil Lawas Sebagai Sumber Investasi

Mobil bisa saja dijadikan sebuah investasi bagi para pemiliknya. Meski usianya sudah mencapai puluhan tahun, namun mobil-mobil tersebut justru kini semakin tinggi harga jualnya ketimbang saat masih baru keluar di zamannya.

Para pemburu yang ingin mengoleksinya pun rela mengeluarkan uang yang tak terbilang sedikit untuk menebus beberapa mobil bekas tertentu ini.

Belum jelas apa yang membuat beberapa mobil ini kian berharga, secara populasi jumlahnya pun saat ini masih terbilang banyak karena saat itu termasuk salah satu yang di produksi massal oleh pabrikannya.

Berikut beberapa mobil yang boleh jadi Anda simpan di garasi karena kelak mungkin mendatangkan keuntungan bagi para pemiliknya, apalagi bila masih dalam kondisi yang ciamik.

1. Toyota FJ40

Jip lansiran toyota ini dipasarkan mulai 1964 hingga 1984 silam di tanah air. Dahulu keberadaannya banyak digunakan oleh pihak militer sebagai armada operasional. Kemudahan perawatan serta ketersediaan onderdil pengganti hingga saat ini membuat makin banyak pemilik yang merestorasinya.

Mobil ini mengandalkan mesin 2F bensin 6 silinder berkapasitas 4.200 cc dengan transmisi manual 3-percepatan. Namun memasuki era 1980-an mulai dilansir varian diesel dengan kode BJ40 yang menggunakan mesin diesel B series dengan kapasitas 3.000 cc.

Di pasaran saat ini, jip yang dikenal dengan sebutan Toyota Hardtop di Indonesia dipasarkan dengan harga mulai Rp 80 jutaan hingga Rp 200 jutaan untuk yang kondisinya hampir sempurna.

2. Honda Civic Estilo

Sedan hatchback dua pintu lansiran Honda ini diproduksi mulai tahun 1992 hingga 1995 silam. Kehadirannya diluncurkan untuk menggantikan Honda Civic Nouva yang berhenti dipasarkan pada 1991. Estilo pun menjadi hatchback dua pintu terakhir yang dijual resmi Honda di tanah air hingga kini.

Menggunakan mesin yang sama dengan saudaranya, Civic Genio yang hadir dengan model sedan 4-pintu berbagasi, Estilo dipesenjatai mesin D16 1.596 cc dengan tenaga 120 dk. Bentuk menarik serta banyaknya prestasi di dunia balap membuat mobil ini tetap digemari hingga sekarang.

Di pasaran mobil bekas, Civic Estilo di pasarkan dengan harga Rp 90 jutaan hingga Rp 150 jutaan untuk yang kondisinya masih sangat baik. Padahal di 1992 mobil ini dijual Rp 60 jutaan saja. Peminatnya mayoritas adalah kalangan muda penyuka kompetisi kecepatan.

3. Jeep Cherokee

Sport Utility Vehicle modern pertama lansiran Jeep ini dimasukkan ke Indonesia oleh PT Indonesia Republic Motor Company (INREMCO) pada periode 1994 hingga 1996. Berkode sasis XJ dengan varian Limited untuk yang menggunakan mesin AMC berkapasitas 4.000 cc dengan transmisi otomatik. Kemudian varian Country Limited hadir pada 1998 hingga tahun 2000 sebagai peremajaan XJ di tanah air.

Varian lain bermesin 2.500 cc bensin dengan transmisi manual 5-percepatan serta varian Sport bermesin 4.000 cc dengan transmisi manual 5-percepatan. Seluruhnya dibekali dengan gerak 4x4 layaknya jip sejati.

Saat ini, Jeep Cherokee XJ Limited di pasarkan dengan harga Rp 100 juta hingga Rp 165 juta untuk lansiran 1994 hingga 1996, sementara tipe XJ Country Limited dihargai Rp 185 juta hingga mencapai Rp 275 jutaan tergantung kondisi.

4. Mercedes-Benz W123

Sedan mewah di jamannya ini kerap disebut manis dan cantik (Macan) oleh masyarakat yang melihat di jalan, karena tongkrongannya gagah serta memukau. Saat itu hanya orang yang tergolong ‘berduit’ atau kala itu disebut ‘borjuis’ yang mampu memilikinya. Hingga akhirnya dari beberapa sumber yang otodriver.com dapat sebutan Tiger melekat pada Mercedes-Benz tipe W123 tersebut.

Hadir pertama 1977 silam dan dipasarkan hingga 1986, terdapat beberapa varian seri berdasarkan sumber dapur pacu bensin yang melekat pada Mercy tersebut. Antara lain 200, 230, 250, 280 dan 280E yang menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Sementara varian diesel hanya terdapat satu tipe yakni 240D. pilihan transmisinya pun hanya manual 4-percepatan dan otomatik 3-percepatan.

Kini sedan bekas orang kaya di zamannya tersebut dipasarkan mulai Rp 50 jutaan hingga Rp 150 jutaan. Harga yang cukup tinggi untuk sebuah mobil yang berusia nyaris 40 tahun.

 

 

Simak Video : OD Flash: TMS 2019 Jadi Arena Meluncurnya Beragam Mobil Baru dan Masa Depan

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com