Mobil Dinas Bupati Pandeglang Pakai Land Cruiser Prado, Jadi Sorotan

Mobil Dinas Bupati Pandeglang Pakai Land Cruiser Prado, Jadi Sorotan

Terdengar berita yang sedang menghangat datang dari sebuah kabupaten di Banten. Bupati Pandeglang, Irna Narulita dikabarkan membeli satu unit Toyota Land Cruiser Prado untuk dijadikan mobil dinas. Sebenarnya, model tersebut memang lumrah dijadikan mobil dinas di Indonesia.

Namun seketika pembelian SUV mewah tersebut menjadi kontras karena tak peka sosial. Dilansir dari berbagai sumber, Land Cruiser Prado seharga Rp 1,9 milyar tersebut dibeli dengan uang Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2018. Pada tahun tersebut, PAD Pandeglang tercatat hanya Rp 205 milyar. Hal ini menjadikan kabupaten yang dipimpin Irna disebut-sebut sebagai salah satu daerah miskin.

 

Lantas seperti apa spesifikasi Toyota Land Cruiser Prado ini? SUV yang tak sedikit menjadi mobil dinas pejabat tinggi militer di Indonesia ini panjangnya 4.825 mm, lebar 1.885 mm, dan tinggi 1.845 mm-1.890 mm serta berjarak sumbu roda 2.790 mm. Ground clearance-nya di angka 220 mm.

Selain itu, Land Cruiser Prado dibekali oleh beberapa pilihan mesin, yakni mesin diesel 1GD-FTV 2.800 cc dengan muntahan tenaga 177 PS dengan torsi 450 Nm, mesin bensin berkode 2TR-FE 2.700 cc bertenaga 163 PS dengan torsi 246 Nm, serta mesin bensin berkode 1GR-FE 4.000 cc V6 dengan tenaga 240 dk dan torsi 377 Nm. Semua pilihan mesin ini tenaganya disalurkan ke empat roda.

Untuk versi Indonesia, model ini tidak dijual di APM Toyota Astra Motor. Namun, melansir dari Toyota India, model ini dijual dengan harga Rs 92.60 Lakh atau setara dengan Rp 1,9 miliaran.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com