Mesin Diesel Massa Depan Mazda Akan Tantang Mobil Listrik

Mesin Diesel Massa Depan Mazda Akan Tantang Mobil Listrik

Mesin diesel kerap diidentikkan dengan konsumsi bahan bakar yang boros. Namun seiring perkembangan teknologi, mesin berbahan bakar solar ini kian canggih hingga bisa mengkonsumsi BBM yang tergolong irit. 

Namun Mazda berniat mengembangkan lagi jenis mesin satu ini. Mengutip Paultan (31/1), pabrikan asal Jepang ini kabarnya hendak menghadirkan mesin diesel terbaru yang bukan saja irit, tapi tingkat emisinya setara dengan mesin mobil listrik!

 

Cikal bakal mesin baru ini akan bernama SkyActiv-3. Nomenclature tersebut mengindikasikan bahwa Mazda tengah menggarap generasi ketiga sistem propulsi SkyActiv yang sarat akan kompresi tinggi.

Walau belum ada penjelasan teknis detail mengenai mesin diesel massa depan ini, namun Skyactiv-3 akan difokuskan meningkatkan efisiensi panas, sehingga mengurangi jumlah energi pembakaran yang hilang akibat panas. 

Pihak Mazda menyebut bahwa mesin SkyActiv-3 bisa menghasilkan gas karbon yang sama jika dibandingkan secara well-to-wheel dengan sumber penghasil listrik sebuah EV alias electric vehicle.

Sayangnya Mazda belum menyebut akan dipakai untuk model apa dan kapan mesin ini dirilis.
 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com