Meraja di MotoGP, Yamaha Malah Bikin Mobil Sport

Meraja di MotoGP, Yamaha Malah Bikin Mobil Sport

Yamaha membuat kejutan dengan mengeluarkan teaser kendaraan mereka yang akan dipajang di Tokyo Motor Show (TMS) 2015. Kejutannya adalah karena ini bukan motor, melainkan sebuah mobil sport dalam bentuk konsep.

Dari segi desainnya yang ada dalam foto hanya bisa ditebak bentuk bodi sebuah mobil sport coupe. Mungkin sebagai sumber tenaganya akan berasal dari teknologi listrik atau hybrid. Foto itu tidak menjelaskan banyak, tapi Yamaha menjelaskan bahwa desainnya terinspirasi dari sebuah sepeda motor dan sedikit diberi sentuhan unik khas Yamaha.

Bagi Anda yang heran akan langkah Yamaha ini, tunggu dulu. Karena sesungguhnya pabrikan Jepang itu memiliki pengalaman lama di dunia permobilan.

Di 1967 Toyota pernah merilis sebuah mobil sport 2000GT dengan mesin 4A-GE yang dikembangkan bersama Yamaha. Selain itu Yamaha juga pernah bekerja sama dalam melakukan pengembangan mesin dengan Ford dan Volvo. Tidak hanya itu, Yamaha pernah menyumbangkan mesin hasil garpaannya untuk tim balap F1 dari 1989 hingga 1997.

Lahirnya konsep mobil sport pertama Yamaha OX99-11 beberapa puluh tahun silam juga sebuah hasil pengembangan dari semangat F1 yang pernah diciptakan. Mobil konsep ini dipersenjatai dengan mesin V12 3.500 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 400 dk. Tapi sayangnya mobil ini tidak pernah sampai ke tahap produksi, hanya ada tiga buah prototipe yang pernah dibuat berwarna biru, merah, dan kuning.

Pada 2014 silam, Yamaha kembali membuat mobil bernama Motiv yang dibuat oleh desainer F1, Gordon Murray dan pernah diperkenalkan di Inggris. Bentuk bodinya seperti Smart For Two. Motiv masih menunggu “lampu hijau” untuk bisa diproduksi secara massal hingga hari ini.

Nampaknya Yamaha sudah tidak sabar untuk menguasai roda 2 dan 4, seperti dilakukan rival beratnya yakni Honda sejak lama.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com