Mengganti Filter AC Avanza-Xenia

Mengganti Filter AC Avanza-Xenia

Udara kabin bersih memberikan banyak kontribusi positif pada pengemudi maupun penumpang. Salah satu yang terbesar berhubungan dengan kesehatan pernafasan.

Guna menjaga kondisi kabin selalu bersih dan sehat, maka produsen mobil melengkapi produknya dengan filter khusus untuk menyaring peredaran udara. Salah satunya adalah mobil sejuta umat, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

“Keduanya merupakan mobil kembar, jadi spare part bisa saling bertukar, termasuk penggunaan filter ACnya,” terang Suminto dari Bengkel AC Suto yang bergerai di bilangan Pondok Gede Bekasi ini.

“Filter AC sebaiknya diganti dengan yang baru setiap 6 hingga 12 bulan sekali. Tergantung kondisinya, semakin sering melalui daerah berdebu maka semakin pendek umur filternya,” tambahnya. 

“Pemeriksaan secara fisik cukup membantu mengetahui kondisi filternya. Dan caranya pun cukup gampang karena letak filternya pun mudah dijangkau, yakni terletak di balik laci dasbor. Cukup gampang dan dapat dilakukan sendiri di rumah” sambungnya.

“Kalo memang kotor, ganti dengan yang baru. Sebaiknya jangan dicuci ulang komponen tersebut, karena tidak akan optimal menyaring udara,”cerocosnya.

Minto mengatakan, harga filter AC ini relatif terjangkau. Part orisinalnya dibanderol Rp 150 ribuan. Sedangkan untuk non orisinal harganya cukup bersahabat dengan kantong dengan harga 40 sampai 100 ribuan.

Semua generasi Avanza-Xenia memiliki perlakuan yang sama.

 

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com