Mengenal Lebih Jauh Fitur Hill Start Assist Control

Mengenal Lebih Jauh Fitur Hill Start Assist Control

Sebuah fitur yang saat ini yang semakin sering ditemukan pada mobil-mobil modern bahkan telah dijadikan pilihan di kelas Low Multipurpose Vehicle (LMPV) adalah Hill Start Assist Control (HAC). Tiap merek memiliki sebutan tersendiri bagi fitur ini, seperti Suzuki yang menyebutnya sebagai Hill Hold Control (HCC) yang kini hadir sebagai fitur standar pada Ertiga Sport. Sedangkan Xpander menyebutnya sebagai HAC.

HAC merupakan fitur dengan fungsi untuk mencegah mobil mundur ketika di jalanan menanjak.  Fitur ini secara otomatis akan menahan rem selama 2-3 detik dan memberikan waktu lebih luas bagi pengemudi untuk menguasai mobilnya saat berada di tanjakan.

 

Mekanisme HSC terintegrasi dengan sistem pengereman mobil. Setidaknya terdapat dua sensor yang dipergunakan. Sensor pertama membaca kondisi menanjak yang diidentifikasi dengan bagian depan mobil yang lebih tinggi dari bagian belakangnya. Sensor inilah yang mengaktifkan rem sehingga laju mobil tertahan. Sensor kedua berfungsi untuk membaca kecepatan putaran roda. Sensor ini memberikan info pada sistem pengereman untuk melepas rem secara otomatis.

Walau baru marak dijejalkan pada mobil-mobil modern, namun sejatinya sistem ini telah dikenalkan sebagai fitur sejak 1936 di mobil Studebaker. Penemu fitur ini adalah Wagner Electric dari Amerika Serikat dan produsen pertamanya dilakukan oleh Bendix Brake Company.  

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com