Menemukan "Fun To Drive" Dari Sebuah Mobil

Menemukan "Fun To Drive" Dari Sebuah Mobil

Setiap orang pastinya memiliki feel sendiri-sendiri saat mengemudikan sebuah mobil. Hal tersebut bisa menjadi sebuah penilaian terhadap mobil yang dikendarai. 

Namun definisi fun to drive dari sebuah mobil sendiri kadang berbeda-beda pada tiap orang. Walau identik dengan subjektivitas, namun bukan berarti yang namanya fun to drive itu tak bisa diciptakan dan ditelusuri.

 

Setelah merangkum dari berbagai literatur online berbahasa Inggris, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan fun to drive dari sebuah mobil.

Agility and Nimbleness
Mobil adalah sebuah benda yang memiliki massa yang sangat besar. Hal tersebut menyangkut dengan kegesitan dan kestabilan sebuah mobil bermanuver dengan cepat maupun lambat dijlan raya. Jika mudah untuk dikendalikan, pastinya mobil tersebut sudah masuk dalam kriteria nyaman dikendarai.

 

Steering
Hal selanjutnya berhubungan dengan alat yang penting saat mengendarai mobil, yakni lingkar kemudi atau setir. Ada beberapa karakter yang dimiliki oleh mobil, salah satunya hambar ketika setir dibelokkan, respon roda terhadap aspal tidak sigap. Namun ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi kenyamanan berkendara, yakni:

1. Radius putar kemudi: Radius putar yang kecil pastinya akan memudahkan pengemudi saat melakukan putar balik, sedangkan radius besar akan mengalami kesulitan. Umumnya radius putar kecil dimiliki oleh mobil jenis city car atau hatchback, namun bagi yang memiliki wheelbase panjang seperti MPV atau SUV umumnya memiliki radius putar besar.

2. Feedback: Seperti yang sudah dijelaskan tadi, setiap mobil memiliki feel berbeda-beda pada lingkar kemudi saat berkendara. Ada yang terasa hambar saat lingkar kemudi dibelokkan gerak roda terhadap aspal terasa memiliki delay, namun ada juga yang sigap.

3. Bobot mobil: Ternyata bobot sebuah kendaraan juga berpengaruh kepada steering system. Semakin enteng beban mobil, respon lingkar kemudi semakin baik karena tidak harus melawan massa yang besar.

 

Predictability and Controllability
Hal berikutnya berkaitan dengan handling pada sebuah mobil. Pastinya kita menginginkan sebuah mobil yang handling-nya seimbang antara understeer dan oversteer, kecuali prilaku tersebut kita yang menciptakan sendiri. Ada beberapa faktor yang penting agar mobil mudah dikontrol, yakni;

1. Weight distribution and balance: Agar mobil mudah untuk dikendalikan, mobil yang memiliki titik bobot yang terpusat dibagian tengah lebih mudah untuk dikendalikan.

2. Suspension/wheel/tyre tuning: Fator ini terkadang dilupakan oleh para pemilik mobil. Balancing roda, spooring kaki dan kondisi kaki-kaki kadang tidak diperhatikan. Padahal beberapa hal tersebut cukup penting dan berpengaruh terhadap rasa berkendara.

 

Teks: Christo


 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com