Memacu Datsun Cross di Gunung Kidul, Begini Hasilnya

Memacu Datsun Cross di Gunung Kidul, Begini Hasilnya

Memulai perjalanan dari Kota Yogyakarta, Datsun Indonesia mengajak para jurnalis untuk bertualang menggunakan mobil terbarunya, Datsun Cross. Menikmati berbagai destinasi wisata di sekitar kota gudeg,  lokasi petualangan di hari pertama adalah pantai Ngandong yang terletak di pesisir selatan Yogyakarta.

Acara yang mengusung tagline #BeALifeChallenger ini bertujuan memberi kesempatan bagi para Jurnalis, termasuk OtoDriver untuk merasakan kehebatan saudara kandung Datsun Go+ Panca ini menaklukkan kondisi jalan dan lalu lintas sesungguhnya di rute yang cukup ekstrim. Jalan berlubang, tanjakan curam dan lalu lintas yang padat menjadi beberapa tantangan di daerah yang kerap disebut gunung Kidul ini.

 

Datsun juga menyebutkan bahwa  Go Cross memiliki kemampuan akselerasi yang baik, namun tetap mempertahankan keiritannya. Hal ini dapat tercapai berkat transmisi CVT otomatis yang efisien dalam mengolah hantaran tenaga dari mesin.

Sejauh yang kami rasakan, tenaga sebesar 78 dk dan torsi 104 Nm terasa kurang cekatan di putaran bawah saat disandingkan dengan transmisi CVT. Terlebih ketika kami harus melewati rute menanjak dan berkelok.

Namun, soal kehematannya memang patut diacungi jempol, karena transmisi tersebut diciptakan sedemikian rupa agar dapat menjaga putaran mesin selalu rendah meski saat menambah kecepatan secara bertahap. Hasilnya ia tetap dapat mencetak angka 1:12 km/liter setelah kami kemudikan secara agresif ketika menuju pantai Ngandong, Gunung Kidul. Hal ini ternyata turut mendukung kehalusan rasa berkendara.

Selain itu, ada juga kelebihan lainnya yang ingin ditunjukkan oleh Datsun. Sebut saja seperti Vehicle Dynamic Control (VDC) serta ground clearance 200 mm yang masih akomodatif untuk melibas jalanan jelek.

VDC bekerja optimal ketika kami meliuk-liuk dan memberikan rasa yakin dan aman ketika mengemudi. Sistem suspensi yang disetel lebih keras juga bekerja meminimalkan gejala limbung, sayang bantingannya terasa kurang bersahabat ketika melibas jalan bergelombang ketika dibandingkan dengan Datsun GO+ Panca, saudara sepabriknya. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com