Meluncur di GIIAS 2018, Joko Widodo Sambut Baik Mobil Pedesaan

Meluncur di GIIAS 2018, Joko Widodo Sambut Baik Mobil Pedesaan

Selain menjadi sangat istimewa karena GIIAS 2018 dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, pameran kelas internasional ini jadi juga ditandai oleh peluncuran Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau yang disingkat AMMDes dan kerap disebut masyarakat sebagai mobil pedesaan (2/8).

Peluncuran AMMDes tersebut dilakukan berbarengan dengan opening ceremony GIIAS ke-26 di Indonesia Convention Exhibition BSD City.

 

“Saya menyambut baik peluncuran AMMDes pada hari ini karena ada inovasi dan kaitannya ke industri hulu sangat banyak,” tutur Presiden Joko Widodo sesaat sebelum meluncurkan AMMDes.

AMMDes didesain, dikembangkan dan diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) yang merupakan anak perusahaan PT Velasto Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu unit usaha PT Astra Otoparts Tbk. Melalui KMWI, AMMDes memiliki 2 fungsi, yaitu  sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan dan memobilisasi hasil produksi di desa.

Dengan fungsi tersebut, AMMDes memiliki tiga tipe yaitu tipe fix bin dengan power take off (PTO-mengambil tenaga dari sumber lain dan mentransmisikan energi tersebut untuk aplikasi lain), tipe fixed bin dengan ALSINTAN dan tipe flat deck atau passenger dengan PTO. Untuk unit AMMDes yang memiliki fasilitas PTO yang terintergrasi dapat diaplikasikan dengan pemecah gabah, pemutih padi, pompa irigasi, generator dan berbagi peralatan lainnya.

AMMDes memiliki tingkat kandungan komponen lokal mencapai 70%, KMWI melibatkan 71 vendor yang meliputi vendor lokal sebanyak 69 vendor (38 IKM; 15 Astra; 16 non Astra) serta 2 vendor asing untuk menyediakan 189 komponen penyusun AMMDes.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com