Melihat Pabrik Mitsubishi Thailand yang Diklaim Penuh Keunggulan

Melihat Pabrik Mitsubishi Thailand yang Diklaim Penuh Keunggulan

Thailand menjadi negara yang cukup strategis dalam percaturan otomotif di kawasan Asia. Beberapa merek menjadikan negara satu ini sebagai basis produksi, termasuk Mitsubishi. 

Bukan sekedar mendirikan fasilitas pabrik di Thailand, namun pabrikan berlogo tiga berlian ini menciptakan pabrik pembuat mobil yang diklaim punya beragam keunggulan dibanding pabrik Mitsubishi di seluruh dunia.

 

Hal ini kami ketahui langsung saat mengunjungi salah satu fasilitas pabrik Mitsubishi di Laem Chabang, provinsi Chonburi beberapa pekan lalu. Mitsubishi Motors Thailand sendiri memiliki 3 pabrik utama dan fasilitas produksi lainnya.

Pabrik pertama di Laem Chabang tercatat berdiri pada 1992 dengan kapasitas produksi 75.000 unit per tahun. Saat ini pabrik 1 tersebut bertugas memproduksi Pajero Sport. 

 

Masih ada dua fasilitas produksi lagi yang dimanfaatkan untuk membuat L200 alias Triton dan Mirage. Di samping itu ada MMTh Engine Co., Ltd yang bertugas memproduksi 52 unit mesin diesel per jam dan 48 unit mesin bensin per jam.

Dan fasilitas terakhir adalah Global Parts Logistics yang membuat komponen-komponen terurai siap ekspor dalam bentuk CKD. Sejauh ini tujuan ekspornya adalah Brasil, Filipina, Tiongkok, Indonesia, India, Vietnam dan Bangladesh.

 

Dari catatan tahun fiskal 2017, parts knock-down yang diekspor Mitsubishi Motors Thailand sebanyak 99.968 unit. Ada 8 negara tujuan ekspor dan Indonesia tercatat sebagai negara penerima ekspor CKD terbesar dari pabrik ini.

Beberapa negara tujuan ekspor knocked-down:
1. Indonesia : 43%
2. Filipina : 30%
3. Brasil : 19%
4. Russia, India, Vietnam, Bangladesh, dst. : 8%

Satu hal lagi yang jadi keunggulan pabrik ini adalah lokasinya yang sangat strategis. Pabrik ini berjarak 3,5 km dari pelabuhan Laem Chabang, artinya distribusi atau ekspor bisa dipersingkat. Pelabuhan tersebut adalah satu-satunya pelabuhan perdagangan untuk unit mobil produk mobil CBU di Thailand.

 

Pabrik Mitsubishi yang ada di Cikarang, Jawa Barat, boleh saja terbilang baru. Namun fasilitas di Laem Chabang ini menjadi pabrik percontohan di ASEAN yang mengusung konsep: Simple, compact, functional.

Seperti yang ada di pabrik PT Astra Daihatsu Motor, Karawang, Jawa Barat, pabrik Mitsubishi ini juga memiliki proving ground cukup besar. Bahkan panjang totalnya mencapai 1,5 km, lebih panjang dibanding milik Daihatsu di Karawang yang trek lurusnya 1 km.
 

Editor: Danu

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com