Mazda Segera Stop Produksi MPV, di Indonesia Tunggu Waktu

Mazda Segera Stop Produksi MPV, di Indonesia Tunggu Waktu

Mazda di Indonesia tentu lekat dengan image mobil-mobil MPV yang besar dan mampu mengakomodir banyak orang. Mobil ikonik seperti Mazda E2000 dan Premacy sempat meramaikan pasar MPV di Indonesia. Hingga kini pun Mazda masih getol berjualan MPV dengan produk andalannya yaitu Mazda Biante dan yang terbaru Mazda 5 yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu.

Namun ternyata pabrik Mazda di Hiroshima, Jepang telah menginstruksikan penghentian produksi mobil-mobil berjenis MPV termasuk Mazda 5 dan Biante. "Unit yang kami jual selama ini adalah batch terakhir," terang Ricky Thyo, Director of Sales and Marketing PT Eurokars Motor Indonesia selaku APM Mazda di Indonesia.

 

Hal ini dikarenakan Mazda Global tak lagi fokus berjualan MPV. "Mazda ini secara global direction adalah fokus kepada SUV," tambah Ricky. Sebab dari pengalihan fokus Mazda pada pasar SUV adalah karena bahasa desain Mazda yang bernama Kodo dianggap tak lagi cocok diterapkan pada MPV.

Sehingga mobil-mobil yang belum update akan dihentikan penjualannya, seperti Biante. Padahal diketahui MPV tersebut adalah salah satu produk Mazda yang cukup menarik. "Biante kan belum menganut Kodo design, masih Nagare (bahasa desain Mazda yang lama)," tutur Ricky.

 

Lantas apakah ada rencana Mazda untuk berjualan MPV kembali? "Di Jepang ada Mazda CX-8 yang sifatnya JDM (Japanese Domestic Market) yang sebetulnya memiliki konfigurasi three row, dimensinya panjang dan lebih cocok ke arah MPV," tambah Ricky.

"Kalaupun kami akan memasukkan MPV lagi, yang paling mendekati adalah CX-8, tapi kami masih mempelajari," tutupnya.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com