Mazda CX-9 Vs Peugeot 5008, Persaingan Crossover Beda Kultur

Mazda CX-9 Vs Peugeot 5008, Persaingan Crossover Beda Kultur

Trend SUV nampaknya semakin kuat di Indonesia. Tak terkecuali di ranah SUV premium. Dengan rentang harga Rp 800 jutaan, Peugeot 5008 dan Mazda CX-9 menjadi rival yang cukup menarik untuk disimak.

Mazda CX-9 hadir terlebih dulu di Februari 2019, sedangkan Peugeot 5008 menyusul belakangan di bulan Juni 2019. Keduanya hadir dari kultur otomotif yang beda dan tentunya dibangun dengan menonjolkan ciri khas masing-masing sebagai SUV yang bermain di kelas premium. 

Mazda hadir dengan filosopi desain Kodo yang hadir dengan tarikan garis bodi yang mengalir halus dari depan ke bagian belakang. Sedangkan ‘Singa’ asal hadir dengan desain futuristik namun tetap anggun.

Dimensi

Jika dilihat klasifikasinya, CX-9 dikategorikan sebagai Crossover SUV full-Size, sementara 5008 masuk dalam tabel mid-size SUV.  Tercatat bahwa CX-9 memiliki dimensi panjang 5.075 mm, lebar 1.969 mm, tinggi 1.747 mm. Seseuai dengan sebutannya, 5008 mengekor dengan dimensi panjang 4.640 mm, lebar 1.840 mm dan tinggi 1.640 mm.

Berbekal dimensi tersebut maka CX-9 hadir sebagai 7 seater murni sedangkan 5008, tujuh bangku muncul sebagai pilihan yang kemudian ditawarkan.

Dengan hasil yang ada, CX-9 unggul dalam menghadirkan kabin yang lebih lega sekaligus ruang bagasi yang lebih luas dibandingkan dengan Peugeot 5008 7 bangku yang dijajakan di Indonesia.

BELI MOBIL MAZDA DI BLIBLI.COM BIAR BISA DAPAT LEASING BUNGA 0%

Mesin

Berbincang tentang mesin, crossover Mazda dipersenjatai SKYACTIV-G 2.5 Turbo In-line 4 cylinder DOHC 16 valve. Mesin bervolume 2.488 cc ini mampu menggenjot tenaga 231 PS/ 5.000 rpm dan torsi puncak 420 Nm/2.000 rpm.
Sedangkan New Peugeot 5008, berbekal mesin EP6FDTM berkapasitas 1.598cc Turbochargered. Mesin 4 silinder ini piawai menggawangi kinerja 167 PS / 6.000 rpm dan torsi 240 Nm/1.400 rpm

Kabin 

Kabin beserta perangkat dan fiturnya menjadi kunci tersendiri. Keduanya punya posisi mengemudi yang cukup enak dan nyaman. Hanya saja Peugeot mencoba memberikan lebih dengan fitur Peugeot i-Cockpit. Fitur ini membuat pengemudi dan penumpang akan dimanjakan pada empat panca indra. Mulai dari pengelihatan warna layar yang dapat diubah, pengaturan musik dan setting suara,kursi, dan trim, dan 3 pilihan parfum yang dapat disesuaikan secara digital.

Fitur

Keduanya memiliki fitur keamanan terdepan seperti ABS, EBD, Airbags, Traction Control dan Hill Start Assist. Namun, GLC punya keunggulan karena adanya fitur Active Parking Assist with PARKTRONIC yang dimilikinya. Mazda membekali crossover ini dengan berbagai fitur keselamatan Terkumpul dalam i-ACTIVSENSE, fitur tersebut meliputi Adaptive LED Headlights (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM) and Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System, Smart City Brake Support, Pedestrian Brake dan Driver Attention Alert. Di samping itu, mobil ini juga sudah dilengkapi fitur standar, meliputi; ABS dengan EBD, Brake Assist, kemudian terdapat juga Dynamic Stability Control, Traction Control System, Hill Launch Assist, Hill Launch Assist, Emergency Stop Signal, G-Vectoring Control, parking sensors dan 360° View Monitor.

Soal fitur hiburan, konektivitas seperti Apple Carplay, Android Auto juga sudah hadir pada kedua SUV tersebut.

Kabin 

Masuk ke dalam kabin, kami disambut dengan suasana interior yang nyaman sekaligus mewah. Jok pengemudi dan penumpang depan sudah dilengkapi dengan sistem pengaturan otomatis untuk menyesuaikan posisi duduk dan menyetir. Selain sudah dibungkus bahan kulit, jok sopir juga sudah dilengkapi dengan 2 memory untuk menyimpan driving position sesuai keinginan. Fitur khas Mazda yang menurut kami paling keren tentu HUD yang sangat perlu diapresiasi, di CX-9 ini kehadirannya menambah kenyamanan mengemudi. 

Untuk audio sudah dilengkapi teknologi MZD CONNECT™ Infotainment System dan pengaturannya bisa dari HMI COMANDER SWITCH yang posisinya dekat dengan tuas transmisi dan audio steering control. Asyiknya penumpang depan juga mudah mengatur audio karena kenopnya ada di bagian kiri. Namun satu catatan kecil untuk posisi lighter yang posisinya menghadap lutut penumpang depan, tentunya akan sangat sulit dijangkau pengemudi.

Sedangkan 5008 kira-kira memiliki fitur yang hampir sama hanya saja disebut dengan nama yang lain. Mobil ini dilengkapi Advance Grip Control yang memungkinkan mobil menyesuaikan grip pada kondisi jalan. Hill Assist Descent Control, fitur ini membuat mobil membantu kontrol kendaraan di jalur yang menanjak ataupun menurun. Fitur keamanan unggulan lainnya adalah Advance Driver Assistance System (ADAS). ADAS ini meliputi driver attention warning, automatic adaptive headlamp main-beam, speed limit sign recognition and recommendation, Adaptive Cruise Control, dan Visiopark 360 with zoom + rear & front parking aid.

Harga
Seperti telah disinggung di atas bahwa keduanya dibanderol di zona harga yang hampir sama. Mazda CX-9 harga jualnya mencapai Rp 831-835,3 juta (On The Road Jakarta). Sedangkan Peugeot 5008 sedikit di bawahnya dengan banderol Rp 820 juta (On The Road Jakarta).

INTIP MEKANISME LEASING PEUGEOT 5008 HANYA DI BLIBLI.COM

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com