Mau Terjang Genangan Air Pakai Mobil Matic? Simak Tipsnya

Mau Terjang Genangan Air Pakai Mobil Matic? Simak Tipsnya

Pada dasarnya mobil dirancang untuk lebih banyak digunakan pada medan kering, akan tetapi pabrikan menyiapkan skenario terburuk, salah satunya adalah saat melewati genangan air atau banjir.

Kondisi ini berlaku pada transmisi termasuk jenis transmisi matik. Walau demikian jenis transmisi inipun dirancang untuk bisa bertahan dalam menghadapi genangan air.

 

“Sebenarnya transmisi matik punya desain tertutup sehingga relatif aman untuk menerjang genangan air. Tapi bukan berarti bisa sembarangan untuk menerobos genangan air,” jelas Suparno dari Bengkel Matik Putra Magetan di bilangan Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Menurut pengalaman pebengkel yang sebelumnya malang melintang di dunia off-road ini untuk menerjang genangan air ada beberapa yang harus dilakukan. Hal ini harus dilakukan bagi Anda yang menggunakan mobil bertransmisi matic supaya dapat melalui genangan tersebut dengan aman.

Hal yang perlu diperhatikan adalah menerka kedalaman genangan. Setiap mobil berbeda-beda kemampuan menerjangnya, tergantung kondisi intake. Tentunya mobil dengan ground clearance pendek lebih rentan untuk menerjang genangan.

 

“Setelah yakin bahwa genangan air tersebut dapat dilewati, posisikan transmisi pada gigi terendah 1 atau L (Low). Jalankan mobil dengan perlahan agar air tidak naik sampai ke intake dan upayakan maju terus tanpa ada jeda untuk berhenti,” terang pria yang akrab disapa Parno ini.

“Hal ini disebabkan karena posisi gir tersebut tenaga mesin cukup besar menerjang banjir dan mencegah air masuk lewat breather girboks,” imbuhnya. “Sebenarnya dalam kondisi breather baik, peluang air untuk masuk melalui valve breather cukup kecil, namun kita berjaga-jaga siapa tahu kondisi perangkat tersebut tidak lagi baik,” tutupnya.

Pengecekan oli transmisi setelah menyeberang genangan air sangat disarankan untuk kembali memastikan bahwa tidak ada air masuk unit transmisi.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com