Mau Periksa Sendiri Kondisi Mobil Pasca Mudik? Pantau 5 Komponen ini

Mau Periksa Sendiri Kondisi Mobil Pasca Mudik? Pantau 5 Komponen ini

Musim mudik Lebaran 2019 telah selesai. Sekarang lah saatnya memeriksa mobil andalan supaya kembali fit dan siap dipakai beraktifitas harian. 

Mendatangi bengkel resmi masing-masing merek mobil tentu adalah pilihan tepat. Tapi bagi Anda yang terbentur akan padatnya aktifitas maka bukan tak bisa untuk melakukan pengecekan pasca mudik di garasi rumah. 

Pengecekan sendiri ini sebenarnya mudah karena pada intinya tak ada proses perbaikan. Menurut keterangan resmi yang dirilis PT Astra Daihatsu Motor setidaknya ada 5 point yang wajib dipantau dalam pengecekan pasca mudik.

1. Oli
Pastikan periksa komponen cairan penting ini. Kendaraan yang digunakan pada jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka tingginya suhu mesin dapat membuat kekentalan oli dan volume-nya berkurang. Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak.

2. Kaki-Kaki
Kondisi serta medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi mobil. Siapkan diri untuk ngolong dan periksa kondisi shockabsorber, lower-arm, dan jangan lupa keausan ban beserta tekanan angin.

 

3. Rem
Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pada sektor pengereman yang tentu bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan ideal. Sahabat dapat mengganti komponen ini apabila memang sudah mencapai batas maksimal dan jangan lupa untuk mengisi minyak rem apabila berkurang dari takaran yang seharusnya.

4. Filter Bahan Bakar
Selama perjalanan mudik, ada kalanuya terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan karena ketersediaan di area tersebut. Pastikan juga mengecek filter bahan bakar dan dapat menggantinya untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

5. Interior dan Filter AC
Pastikan interior bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi agar tidak menyebabkan aroma yang tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Jangan lupa bersihkan saringan udara AC.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com