Mau Hidupkan Kembali Mobil yang Mesinnya Bertahun-Tahun Mati? Ini Tipsnya

Mau Hidupkan Kembali Mobil yang Mesinnya Bertahun-Tahun Mati? Ini Tipsnya

Selain menjadi moda transportasi, acap kali mobil ditinggalkan oleh pemiliknya karena berbagai alasan. Mulai dari terbatasnya waktu untuk merawat mobil, pindah tugas ke luar kota, faktor ekonomi, dan lain sebagainya.

 

Alhasil, mobil yang ditinggalkan tersebut lebih dikenal dengan istilah ‘jogrok’. Lantas, jika Anda mengalami hal serupa, dan ingin kembali menghidupkan mobil Anda yang sudah bertahun-tahun tidak dihidupkan, hal apa saja yang perlu diperhatikan?

1. Aki

 

Jika mobil sudah bertahun-tahun tidak dihidupkan, besar kemungkinan komponen dalam mobil yang tidak berfungsi adalah aki. Karena, daya aki sendiri dihasilkan oleh putaran mesin saat mesin hidup melalui alternator. Jadi, jika mobil tidak dihidupkan, komponen ini wajib diganti.

 

2. Kuras tangki bensin

 

Jika mobil dibiarkan tidak hidup selama bertahun-tahun, maka dapat dipastikan bahan bakar yang ada di dalam tangki bensin akan kadaluarsa. Bahkan dalam jangka waktu yang panjang, bensin akan berubah menjadi lumpur.

“Kalau mobil sudah didiamkan bertahun-tahun, tangki bensin wajib dikuras karena bensin yang didiamkan dalam waktu yang lama akan berubah menjadi lumpur. Setelah dikuras, lalu masukkan bensin yang kualitasnya masih bagus,” ujar Nunun Sutisna selaku pemilik bengkel Mercedes-Benz ‘Bengkel Nunun’ yang terletak di kawasan Jakarta Selatan tersebut.

3. Cek pompa bensin

 

“Kalau sudah dikuras lalu mobil di-start dan tidak menyala juga, wajib cek komponen ini. Dikarenakan bensin yang menjadi lumpur tersebut bisa jadi menyumbat pompa bensin sehingga bensin tidak dapat tersalurkan ke ruang bakar,” kata Nunun.

Tiga komponen tersebut merupakan tahap awal untuk menghidupkan mobil yang tidak dihidupkan selama bertahun-tahun. Jika mobil tidak terdampak masalah lain, maka besar kemungkinan mobil akan hidup seperti sediakala. Namun jika mesin tidak menyala setelah tiga komponen tersebut diganti, maka kemungkinan ada komponen lain yang rusak.

“Harus dicek lagi bagian lain. Seperti ECU-nya ada masalah atau tidak. Atau bisa juga kabel elektrikalnya ada yang putus akibat digigit tikus,” tutupnya.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com