Masuk Musim Hujan, Simak Tips Mengemudi Berikut ini

Masuk Musim Hujan, Simak Tips Mengemudi Berikut ini

Masuk November, perubahan cuaca dan peningkatan curah hujan semakin sering terjadi. Oleh karena itu, kewaspadaan dan perhatian ekstra sangat diperlukan oleh pengemudi untuk mendukung terciptanya keamanan dan kenyamanan di jalan. Hal ini mendorong Chevrolet untuk kembali menghadirkan beberapa panduan dan tips dalam meningkatkan keamanan di perjalanan.

“Keselamatan merupakan prioritas bagi Chevrolet. Kami ingin mengajak pengemudi untuk mengutamakan keselamatan dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun. Berkendara saat musim hujan memerlukan perhatian yang lebih khususnya dalam kesiapan kendaraan dalam melewati jalanan licin dan banjir. Kami menyarankan memeriksa kendaraan untuk memastikan mobil dalam keadaan aman saat dipakai di musim hujan. Kami juga mengajak seluruh pengguna Chevrolet untuk memeriksa kendaraannya di bengkel resmi kami,” ujar Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director GM Indonesia.

 

 

Berikut adalah beberapa tips berkendara dengan aman, terutama saat musim hujan dan ketika Anda memasuki jalanan yang tergenang air.

  •  Melakukan standar check-up pada mobil Anda, termasuk wipers, tekanan ban, oli, mesin, baterai dan lampu. Pengisian bahan bakar dalam kondisi penuh sangat diperlukan sebelum Anda bepergian jauh. 

  • Rencanakan rute Anda sebelum bepergian, terlebih saat Anda menuju daerah yang jarang atau belum pernah dikunjungi. Perasaan tersesat akan menimbulkan kebingungan dan menganggu konsentrasi. Terlebih lagi, potensi cuaca dan jarak pandang yang buruk membutuhkan kemampuan mengemudi ekstra hati-hati. 

  • Gunakan gigi rendah ketika menghadapi jalan menanjak atau turunan yang curam dan licin. Menggunakan gigi rendah memudahkan mesin untuk melakukan pengereman sebelum mencapai tikungan curam dan membantu Anda mengontrol kecepatan kendaraan, serta membuat rem Anda bertahan lebih lama

  • Pastikan kendaraan Anda pada kondisi yang baik, terutama pada bagian mesin. Dalam kondisi jalan yang berbukit, mobil dengan torsi besar akan lebih andal dalam menaklukan medan. 

  • Latih kesabaran. Musim hujan sering berujung pada kemacetan lalulintas. Pantau kondisi lalulintas dengan memanaatkan peta digital seperti Waze atau Google Maps. Namun demikian, saat kemacetan tidak dapat dihindari, Anda perlu melatih kesabaran Anda.

  •  Hindari berpekulasi untuk menyusul kendaraan lain ketika secara visual Anda tidak bisa melihat jalanan di depan Anda, seperti saat berad di tikungan, jembatan, bukit, dan lereng gunung.

Jika Anda terpaksa harus melewati jalanan yang tergenang air, Chevrolet juga menghadirkan beberapa tips ketika Anda memasuki jalanan yang tergenang air atau banjir.

  •  Hindari mengemudi melalui genangan air yang lebih tinggi dari roda kendaraan Anda atau trotoar. Kenali tipe mobil Anda sebelum melalui jalan yang tergenang.

  • Jika harus melalui jalan yang tergenang, matikan pendingin kabin dan turunkan jendela. Mengemudi dalam kondisi jalanan tergenang dengan AC menyala dapat mematikan mesin karena kipas elektronik akan berputar dan mengakibatkan air dapat menyiprat dan masuk ke dalam mesin. Jika mesin tidak mati, kipas elektronik akan mulai berputar dan menarik puing-puing yang mengambang di air sehingga dapat memecahkan kipas dan membuat mesin terlalu panas.

  • Setelah keluar dari air, injak-lepas rem secara perlahan untuk mengeringkan mesin. Injak “rem” dengan kaki kiri Anda jika Anda terbiasa dengan teknik ini. Berhenti sejenak dan pastikan kendaraan Anda tidak ada kantong plastik atau serpihan-serpihan lainnya yang terjebak dalam grill atau sirip radiator di bagian belakang.

  • Setelah mengemudi melalui jalanan yang tergenang, bersihkan kendaraan Anda terutama di bagian bawah dan roda kendaraan. Hilangkan rumput, daun, serta noda-noda kotoran yang tersisa dan dapat menimbulkan percikan api jika dibiarkan di dalam mesin. Lalu, ganti oli transmisi karena air mungkin akan masuk ke dalam sistem. Bersihkan karpet mobil Anda untuk mencegah jamur dan bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk diperiksa lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com