Mahalnya Biaya Memiliki Mobil Pribadi

Mahalnya Biaya Memiliki Mobil Pribadi

Memiliki mobil bukan perkara mudah, pasalnya banyak kebutuhan dari mobil setelah kita membelinya. Sebuah studi di Sydney, Australia, mengatakan mengendarai mobil membutuhkan biaya operasional yang sangat tinggi. 

Dilansir dari motoring.com.au, (13/6) kepemilikan kendaraan seperti Toyota Corolla di Sydney selama satu tahuhn dapat menelan biaya hingga setengah dari harga pembeliannya. Menurut sebuah studi comparethemarket.com.au biaya operasional lebih dari 12 bulan mencapai 14.051 AUD atau setara Rp 138,5 juta. Angka tersebut lebih dari setengah harga pembelian on-the road Corolla yang sekitar 27.984 AUD atau sekitar Rp 276 juta.

Di survey yang lain seperti RedBook, menunjukkan kepemilikan tahunan memang lebih tinggi untuk tahun pertamanya. Jika comparethemarket.com.au menghitung kepemilikan kendaraan setahun di Melbourne sebesar 13.252 AUD atau setara Rp 130,6 juta, RedBook menghitung lebih tinggi yaitu 13.960 AUD atau Rp 137,6 juta.

 

Namun berdasarkan riset RedBook total kepemilikan Corolla hingga 5 tahun adalah 38.621 AUD atau setara Rp 380,7 juta. Angka tersebut jika dirata-ratakan pertahunnya adalah 7.724 AUD pertahun atau Rp 76 jutaan.

Direktur Layanan Data Redbook, Ross Booth mengatakan pihaknya menghitung biaya kepemilikan tergantung pada bagaimana biaya perjalanan dihitung.

"Kami tidak menambahkan biaya parkir atau tol dan asuransi, keuangan dan bensin berbeda, namun tidak terlalu jauh," jelasnya.

Menurut Booth penelitian lain menggunakan "model arus kas daripada model total biaya" dan tidak menyebutkan nilai jual kembali. "Setelah lima tahun, mobil-mobil itu masih berharga," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com