Kuncian Irit BBM pada Mobil Transmisi Manual

Kuncian Irit BBM pada Mobil Transmisi Manual

Dalam usaha menghemat konsumsi bensin dengan mobil dengan mobil bertransmisi manual, sebenarnya kurang lebih sama dengan mobil matic. Untuk gaya mengemudi seperti manuver akselerasi dan deselarasi sebenarnya hampir sama dengan tips mengemudi hemat BBM mobil transmisi otomatik.

Namun untuk di mobil bertransmisi manual, lebih ditekankan memposisikan gigi pada putaran yang tepat. Kuncian hemat bahan bakar pada mobil 3 pdal sebenarnya ada pada posisi gigi dan kecepatan yang selaras.

 

Jika posisi gigi dan kecepatan tak sesuai maka kehematan pun tak bisa diraih karena putaran mesin yang tidak tepat. Contohnya seperti menggunakan gigi rendah ketika melalui tanjakan. Kalau menggunakan gigi tinggi maka berpotensi membuat bahan bakar boros. 

Namun, jika tengah berada di jalan tol yang profil lintasannya naik-turun, manfaatkan momen jalanan menurun untuk menanjak tanpa menekan terlalu dalam pedal gas. 

Jangan berpindah-pindah lajur untuk tak kehilangan tenaga dan moen menanjak. Seperti mobil matic, hindari mesin yang menjerit tinggi. Tahan selalu jarum takometer tak menyentuh rpm tinggi.

Simak Video : VIDEO: Menghindari Malapetaka Pecah Ban

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com