Kumpulan Hasil Crash Test LMPV yang Dipasarkan di Indonesia

Kumpulan Hasil Crash Test LMPV yang Dipasarkan di Indonesia

Untuk wilayah Asia Tenggara, ASEAN NCAP merupakan lembaga berwenang untuk melakukan uji tabrak pada masing-masing model mobil yang dipasarkan. Tentunya hal ini guna mengetahaui seberapa aman mobil tersebut dalam melindungi penumpang yang ada di dalamnya.

Lembaga uji tabrak yang bermarkas di Malaysia ini telah melakukan crash test pada sebagian besar model LMPV yang dipasarkan di Indonesia.

 

Berikut adalah kumpulan hasil crash test alias uji tabrak ASEAN NCAP berbagai merek LMPV yang dipasarkan di Indonesia. Semua mobil yang dilakukan uji tabrak merupakan tipe terendah.

 

1. Toyota Avanza

Toyota Avanza telah menjalani uji tabrak yang dilakukan pada Juli 2013. Model ini mengantongi bintang empat dari segi Adult Occupant Protection dan 38% untuk penilaian Child Occupant Protection. LMPV yang menyandang gelar mobil sejuta umat ini dilengkapi dengan fitur keselamatan dua buah airbag.

 

2. Daihatsu Xenia

Kembaran dari Toyota Avanza ini mengantongi nilai yang hampir serupa. Dilengkapi dengan dua buah kantung udara, uji tabrak dilakukan pada Juli 2013. Daihatsu Xenia mampu mengantongi skor bintang empat dari segi Adult Occupant Protection dan 33% untuk penilaian Child Occupant Protection.

 

3. Nissan Grand Livina

LMPV lansiran Nissan ini dilakukan uji tabrak pada Desember 2015 silam. Nissan Grand Livina sendiri dibekali dua buah kantung udara. Hasilnya, ia mampu mengantongi empat bintang untuk Adult Occupant Protection dan bintang dua untuk Child Occupant Protection atau setara dengan 41 persen.

 

4. Mitsubishi Xpander

Sama dengan LMPV lainnya, Mitsubishi Xpander meraih empat bintang pada crash test yang dilaksanakan pada Januari 2018. Xpander dilengkapi dengan dua titik airbag dan meraih 39.08 poin untuk Adult Occupant Protection dan 18,69 poin untuk Child Occupant Protection.

 

5. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga meraih empat bintang dari ASEAN NCAP dari segi Adult Occupant Protection dan bintang dua atau 33 persen untuk Child Occupant Protection. LMPV Suzuki ini memiliki dua buah airbag dan telah menjalani tes tabrak pada April 2016 lalu. Sayangnya, ASEAN NCAP belum merilis hasil uji tabrak dari Ertiga generasi terbaru yang meluncur April lalu.

 

6. Wuling Confero

Wuling Confero belum lama ini menjalani crash test yang dilakukan ASEAN NCAP pada November 2018. Hasilnya, LMPV rakitan Cikarang, Jawa Barat, ini hanya mampu mengantongi bintang satu yang terdiri dari 20,33 poin untuk Adult Occupant Protection dan 11,05 poin untuk Child Occupant Protection.  .

 

Sayangnya pihak ASEAN NCAP belum melakukan uji tabrak pada Honda Mobilio. Namun, Global NCAP telah melakukan crash test pada Mobilio versi India dan hasilnya adalah bintang nol karena juga tidak dilengkapi dengan airbag seperti Wuling Confero.

 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com