Kondisi Mobil Anda Rusak Parah? Lelang saja. Begini Caranya

Kondisi Mobil Anda Rusak Parah? Lelang saja. Begini Caranya

Selama ini sebagian orang mengenal sistem penjualan lelang lebih banyak digunakan oleh korporasi atau perusahaan yang ingin menjual kendaraan dalam jumlah banyak. Namun, setelah kami telusuri ternyata lelang juga terbuka bagi pengguna pribadi yang ingin menjual mobil.

Salah satu contoh badan pelelangan adalah Ibid yang bernaung di bawah bendera Grup Astra. Ibid juga telah berdiri di kota-kota besar di Indonesia untuk menjangkau pasar dari berbagai daerah mulai dari Bali, Balikpapan, Bandung, Banjarmasin, Jakarta, Jambi, Lampung, Manado, Makassar, Medan, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, hingga Surabaya.

 

Syarat untuk melego mobil Anda lewat Ibid juga tergolong mudah. Daddy Doxa Manurung selaku Presiden Direktur Ibid menyebutkan berbagai persyaratannya, "Datang saja ke tempat kita (lokasi ibid) bawa unitnya kita lakukan appraisal (penilaian) nanti keluar grade-nya, nah setelah keluar grade-nya nanti akan kita sarankan harga jualnya dan jangan lupa bawa dokumennya, nanti kami ada formnya hanya tinggal isi setelah itu tunggu jadwal lelangnya (18/5)."

Berbagai jenis mobil dapat dijual melalui lelang, bahkan mobil yang umurnya tergolong cukup tua juga diterima. Anda juga tak perlu khawatir soal kondisi mobil yang kurang baik, rusak parah, atau terlambat melakukan pembayaran pajak.

Inilah yang menjadi kelebihan dari sistem lelang karena mudah dan pihak pelelangan akan menerima kondisi mobil apa adanya. "Kondisinya (mobil) engga usah diperbaiki, engga usah bagus. Kita memang menjual mobil apa adanya, tapi otomatis kalau misalnya pajak mati ya tentu akan mengurangi harga dasar karena calon pembelinya nanti akan memperhitungkan," tambah Doxa.

Ia juga menambahkan, "Seninya kalau lelang itu wajib datang saat open house untuk cek semua kondisi mobilnya, karena tidak bisa komplain di belakang." Saat open house, calon pembeli memiliki kesempatan untuk memilih unit mobil dengan harga yang dikehendaki. Maka bagi Anda yang ingin mencoba menjual mobil lewat sistem lelang, pastikan harga yang Anda patok sesuai dengan kondisi mobil Anda.

Pihak penitip diberi kesempatan dua kali mengikuti lelang tanpa biaya tambahan. Namun, ada biaya yang harus ditanggung oleh pemilik mobil jika mobilnya tak kunjung terjual. Biayanya sekitar Rp 250 ribu - Rp 300 ribu hingga lelang berikutnya yang berjarak selama satu minggu. Jika Ingin cepat terjual, diharapkan penitip tidak menetapkan harga yang terlalu tinggi sesuai dengan kondisi mobilnya.

 

Simak Video : VIDEO: 4 Hal yang Pengaruhi Resale Value

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com