Komparasi Wuling Cortez CT VS Toyota Kijang Innova

Komparasi Wuling Cortez CT VS Toyota Kijang Innova

Wuling Motors akhirnya melengkapi varian Cortez dengan mengandalkan mesin tipe bensin yang dilengkapi turbo. Kubikasinya tak sampai 1.800 cc, tepatnya 1.500 cc dan dikawal dengan transmisi matic berteknologi CVT.

Dengan begitu, kini Wuling mampu menjawab permintaan para konsumen yang membutuhkan mesin bertenaga diimbangi dengan transmisi yang responsif. Karena sama-sama kita ketahui, hal tersebut tidak didapatkan dari Cortez varian sebelumnya.

 

Dari ubahan yang dilakukan Wuling Motors, kini varian baru atas nama Cortez CT ini dapat menjadi ancaman serius bagi Toyota Innova terutama tipe terendah yang memiliki dimensi serupa dengan Cortez dengan fitur bersaing. Berikut perbandingan keduanya.

 

Mesin

Innova tipe bensin dipersenjatai mesin berkode 1 TR-FE  4 silinder DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc yang mampu memproduksi tenaga 139 ps pada putaran mesin 5.600 rpm. MPV ladder frame ini tercatat memiliki torsi puncak di angka 183 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara itu, mesin Cortez lebih kecil dengan kapasitas murni di angka 1.485 cc, namun sudah dilengkapi dengan turbo yang mampu membuatnya mencatatkan tenaga 141 ps di rpm 5.200 dan torsi puncak sebesar 250 Nm 1.600-3.600. Dari sini disimpulkan bahwa Cortez CT belum bisa mengungguli tenaga Kijang Innova.

Dimensi

Berbicara dimensi, Innova hadir dengan panjang 4.735, lebar 1.830, tinggi 1.795 dan wheelbase 2.750. Sedangkan Cortez CT sedikit lebih kompak dengan panjang 4.530 mm, lebar 1.691 mm, tinggi 1.730 mm dengan jarak sumbu roda 2.720 mm.

Fitur

Yang menarik jika berbicara fitur, keduanya sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan dan hiburan yang cukup banyak. Namun Innova tipe G belum dilengkapi dengan rem cakram pada roda belakang tidak seperti Cortez. Selain itu Cortez juga memiliki head unit layar sentuh berukuran lebih besar dengan kamera mundur, sebuah fitur yang hanya dapat ditemui pada Innova tipe tertinggi. Satu keunggulan pada Cortez CT yang perlu dicatat adalah adanya sunroof, tentu kelengkapan ini tak bisa ditemui di Kijang Innova.

Harga

Di Indonesia Toyota memasarkan 10 varian Innova (tidak termasuk Venturer) yang dibanderol mulai Rp 309 juta hingga Rp 412 jutaan. Sementara tipe G yang kami bandingan dengan Cortez CT dijual Rp 330 jutaan. Dalam hal ini sepertinya harga Cortez masih lebih murah ketimbang varian terendah Innova, namun demikian sampai berita ini dirilis, Wuling Motors belum juga memberi informasi harganya.

Sebagai catatan, untuk Cortez varian 1.500 cc non turbo saat ini dijual mulai Rp 202 juta, sementara yang bermesin 1.800 cc dipasarkan paling mahal Rp 272 jutaan saja. 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com