Komparasi Wuling Almaz VS Honda HR-V E CVT

Komparasi Wuling Almaz VS Honda HR-V E CVT

Wuling Almaz telah diluncurkan dengan harga yang cukup menggiurkan. SUV pertama Wuling di Indonesia ini dibanderol Rp 318.8 juta untuk Jabodetabek.

Dengan demikian, harga Almaz berada jauh di bawah rival sekelas asal Jepang yakni Honda CR-V Turbo yang mulai dijajakan dengan harga Rp 478,5 juta hingga Rp 518,5 juta.

Harga Almaz baru dikatakan berimbang dengan Honda HR-V 1.5L E CVT yang dikerek dengan harga Rp 317,5 juta (Jabodetabek). Bahkan varian tertinggi HR-V yakni HR-V 1.8 L Prestige nangkring jauh di atasnya dengan harga Rp 400 juta.

Terasa tidak berimbang dari spesifikasi maupun sisi lainnya, akan tetapi dari harga Almaz dan HR-V 15 E CVT cukup berimbang.

 

Mesin

Almaz menggunakan mesin DOHC DVVT 1.451 cc Turbo. Mesin ini mampu memuntahan daya 140 ps/5.200 rpm dan torsi 250Nm/1.600-3.600 rpm. Sedangkan HR-V 1.5 E, dibekali dengan mesin 1.497 cc non turbo dengan curahan daya 120 ps/6.600 rpm dan torsi 145 Nm/4.600 rpm. Dilihat dari kinerja mesin, jelas crossover Honda harus akui keunggulan rivalnya itu.

Kesamaan antara keduanya ada pada transmisi CVT yang mampu menyalurkan daya mesin dengan lembut.

Almaz bermesin 1.500 cc plus turbo 
Mesin HR-V 1.500 cc non turbo

Jika dilihat dari perbandingan data mesinnya, Almaz sepertinya akan lebih enak diajak Stop and Go dengan torsi besar yang mampu dikailnya pada putaran mesin rendah. Pun demikian saat diajak dibeset pada kecepatan tinggi, walau disinyalir punya bobot badan lebih berat namun muntahan daya yang besar menjadikan Almaz kembali keluar jadi pemenangnya.

 

Dimensi

Almaz tampil dengan dimensi 4.655 mm P x 1.835 mm L x 1.760 mm T dengan wheelbase 2.750 mm. Angka ini jauh lebih masiv dibandingkan dengan HR-V yang 4.294mm P x 1.772mm L x 1.580mm T sedangkan wheelbase 2.610 mm.

Dengan perbandingan ini cukup jelas bahwa Almaz yang dibaptis sebagai SUV dengan 5 bangku penumpang unggul dalam ketersediaan ruang dan kelegaan.

 

Fitur

Berbincang tentang fitur, sekali lagi tidak bisa dibandingkan apple to apple antara keduanya. Almaz tampil superior dengan suguhan berbagai fitur kemewahan seperti sunroof extensive, smart multimedia 10,4 inci yang berfungsi pula sebagai layar multifungsi untuk tombol AC, Monitoring tekanan ban, kamera mundur, kamera 3600 dan berbagai fungsi lainnya.

Multimedia display Almaz terbesar di kelasnya
sunroof terbesar di kelasnya

Dari sisi fitur keselamatan kembali Almaz unggul dengan 4 airbag dibanding HR-V hanya 2 airbag saja. Namun fitur keselamatan lainnya cukup berimbang. ABS+EBD+BA, Electric Parking Brake (EPB), dan Automatic Vehicle Holding (AVH) atau yang disebut di Honda sebegai Hill Start Assist (HSA) dan berbagai fitur canggih lainnya disajikan pada kedua mobil tersebut.

 

Harga

Komparasi dua segmen ini cukup jelas dijembatani dari harga. Almaz dibanderol lebih mahal Rp 1,3 juta dari HR-V 1.5 L E namun dijejali dengan berbagai fitur yang cukup wah yang tak didapati pada HR-V.

Akan tetapi sebagai pemain baru, Almaz memiliki tersendiri di pasar yakni meyakinkan pasar tentang kualitas produk yang belum tersebar seluas Honda.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com