Komparasi Toyota Voxy vs Nissan All New Serena Highway Star

Komparasi Toyota Voxy vs Nissan All New Serena Highway Star

Segmen Mid-Size Premium MPV Indonesia semakin semarak dengan kehadiran Nissan All New Serena yang diluncurkan pada 19 Februari 2019 silam.  Kehadiran generasi ke lima Serena ini akan langsung ditempatkan untuk menghadang dominasi Voxy pada segmen yang relatif sempit ini.

Salah satu jurus yang dilakukan oleh Nissan yakni memberikan pilihan trim level pada Serena yakni X-Grade dan kasta tertingginya diduduki oleh Serena Highway Star (HWS). Sementara Toyota tidak memberikan pilihan pada Voxy dan hanya tersedia dalam satu pilihan trim level.

Karenanya, kita akan melakukan komparasi antara Voxy dengan kasta tertinggi Serena yakni Highway Star. Keduanya hanya memiliki selisih harga tipis yakni Rp 2.750.000 saja.

Apakah kasta tertinggi Nissan Serena ini mampu menumbangkan dominasi Voxy?

 

Mesin dan transmisi

Walaupun menggunakan platform yang sama sekali baru, namun nampaknya Nissan masih kukuh mempertahankan kemampuan mesin warisan generasi Serene C26, generasi sebelumnya. Mesin 4 silinder dengan volume 1997 cc ini ditingkatkan performanya sehingga daya yang dihasilkannya pun menjadi 150 PS/6.000 rpm. Sebelumnya mesin berkode MR20DD ini ‘hanya’ mampu menyuguhkan daya 139PS/5.200 rpm. Sementara untuk torsi optimal dicapai pada puntiran 199Nm/4.400 rpm, sebelumnya pada 199 Nm/4.000 rpm.

Penyegaran pada mesin ini semakin memperkecil selisih performa dari mesin 3ZR-FAE dengan kapasitas 1.987 cc milik Voxy dengan muntahan daya 152 ps/6.100 cc dan torsi 193 Nm/3.800 rpm.

Kedua mobil ini dilengkapi dengan transmisi CVT yang menghasilkan perpindahan gigi yang halus. Di atas kertas, dengan torsi yang lebih besar, Serena lebih enak dalam hal stop and go sehingga sangat dimungkinkan lebih nyaman untuk digunakan di jalanan perkotaan  yang macet.

Mesin All New Serena diklaim lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar
Mesin Toyota Voxy lebih bertenaga tapi kalah dalam hal torsi

 

Dimensi

Dari dimensi, Nissan Serena punya ukuran lebih besar (P x L x T), 4.770 mm x 1.740 mm x 1.865 mm, sedangkan Voxy 4.710 mm x 1.735 mm x  1.835 mm.  Serena kembali unggul dalam hal wheelbase dengan 2.860 mm, sedangkan Voxy dipatok pada angka 2.850 mm.

Dengan angka yang ada, maka dapat dipastikan bahwa Serena punya ruang yang lebih lega dibanding Voxy.

Dilihat dari dimensi dan wheelbase, Serena punya kabin yang lebih lega
Interior Voxy

 

Fitur

Kendati memegang status sebagai Mid Size MPV, baik Serena Highway Star dan Voxy dijejali dengan fitur keselamatan dan kenyamanan yang cukup lengkap.

Hanya saja Nissan tidak menawarkan moonroof pada kedua varian Serena, sementara Voxy menghadirkan dua moonroof sekaligus. Hal ini menjadi kemenangan Voxy, di mana saat ini moonroof dikategorikan sebagai salah satu fitur kemewahan.

Walau demikian, Serena mampu mengenjar Voxy melalui fitur-fitur lain yang ditawarkan. Salah satunya adalah touchless sliding door, di mana penumpang baris kedua bisa mengakses pintu melalui foot sensor hanya dengan satu gerakan saja.

Lebih jauh lagi, Nissan menawarkan kepraktisan dual back door. Fitur ini memungkinan untuk membuka pintu belakang dengan dua pilihan setengah pintu dan full satu pintu.

Serena Highway Star juga menyediakan fitur AVM (Around View Monitor) System yakni kamera untuk sistem monitoring untuk seputaran bodi kendaraan. Fitur yang disadur dari Elgrand dapat memantau blind spot di bagian belakang maupun depan.

Lebih jauh lagi, Serena dilengkapi dengan 7 USB port. Artinya setiap penumpang mendapatkan akses untuk berkoneksitas dan charging.

Half back door Serena, inovatif.
Voxy tampil lebih mewah dengan moonroof

 

Harga

Toyota Voxy hanya dijajak dengan satu varian saja dengan harga mulai Rp 462.250.000.* Di sisi lain, Nissan mencoba membendung langkah Voxy dengan Serena Highway Star yang dibanderol Rp 465.000.000. Sedangkan varian di bawahnya X-Grade ditempeli harga Rp 448.000.000.

*Semua dalam kondisi harga on the road Jabodetabek

Simak Video : VIDEO: C-HR Hybrid Tembus 28 KM/Liter

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com