Komparasi Toyota Alphard 2.5 G VS Nissan Elgrand Autech

Komparasi Toyota Alphard 2.5 G VS Nissan Elgrand Autech

MPV berkembang tak hanya sebagai kendaraan penggangkut orang atau barang, namun telah bergeser sebagai kereta mewah yang memiliki nilai prestise cukup tinggi. Persaingan Luxury MPV di Indonesia memang didominasi oleh Toyota Alphard, akan tetapi pilihan lain muncul dari kubu Nissan dengan Elgrand.

Toyota Alphard sendiri terdiri dari tiga varian yakni 2.5 G A/T, 2.5 X A/T dan 3.5 Q A/T. Sedangkan dari kubu Nissan hanya menyodorkan satu varian saja yakni Nissan Elgrand Autech otomatis menjadikannya sebagai varian tertinggi. Dari segi harga, MPV Nissan Elgrand Autech ini menjadi rival berimbang dari Alphard 2.5 G A/T yang menduduki varian menengah.

 

Lalu seberapakah berimbang antara keduanya? Mari kita komparasi.

 

Mesin dan transmisi

Baik Alphard 2.5 A/T maupun Nissan Elgrand menggunakan mesin dengan kubikasi yang seimbang. Mesin 2AR-FE 2.494 cc milik Alphard mampu mengeluarkan daya sebesar 180 ps pada kitiran 6.000 rpm, sedangkan torsi puncaknya di 234 Nm/ 4.100 rpm. Sedangkan untuk Elgrand, QR25DE, 2.488 cc di dalam engine bay-nya menghasilkan daya lebih kecil, yakni 168 ps/5.600 rpm. Namun torsi yang dihasilkan Elgrand lebih besar yakni 245 Nm/3.900 rpm. Di atas kertas Elgrand lebih ringan untuk stop and go.

Baik Alphard maupun Elgrand menggunakan transmisi CVT yang menjanjikan kehalusan perpindahan tiap tingkat percepatan. Namun keduanya dibedakan oleh pembagian tingkat percepatan pada manual mode. Alphard punya 7 percepatan, sedangkan Elgrand 6 percepatan.

 

Dimensi

Secara dimensi Alphard sedikit lebih pendek dibanding Elgrand, namun lebih panjang. MPV Toyota ini memiliki ukuran (P x L x T), 4.915 mm x 1.850mm x 1.895mm, sedangkan Elgrand 4.945 mm x 1.850mm x 1.815mm. Keduanya memiliki wheelbase 3.000 mm.

Dengan wheelbase seperti itu maka keduanya memiliki ruang yang cukup lega terutama untuk penumpang di baris kedua. Namun Alphard lebih tinggi 80 mm yang berpengaruh pada volume ruang yang lebih besar.

Dasbor Elgrand dengan paduan warna lebih gelap
Dasbor identik dengan bentuk mengkotak
Ruang kabin Alphar lebih lega
Interior two tone khas Alphard 2.5 G A/T

 

 

Fitur

Sebagai MPV mewah, keduanya dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan pasif maupun aktif yang cukup lengkap. Keduanya dilengkapi dengan 7 titik airbag alias kantung udara.

Keduanya dilengkapi dengan sunroof di bagian penumpang baris kedua, demikian pula dengan infotainmentnya cukup berimbang termasuk dua layar LCD yang ditempatkan pada bagian atap. Namun MPV mewah Nissan ini memiliki  AVM (Around View Monitor) System yakni kamera untuk sistem monitoring untuk seputaran bodi. Pengguna Elgrand dapat memantau blind spot di bagian belakang maupun depan. Hal inilah yang tidak ada pada Alphard. Sayangnya Alphard hanya menyertakan clearance and back sonar.  

Elgrand unggul dengan AVM system 
Bagian depan dan belakang Elgrand termonitor melalui layar di dasbor
c

 

Alphard dilengkapi dengan sensor clarance and back sonar

 

Harga

Nissan Elgrand dipasarkan dalam satu varian saja dengan harga mulai Rp 1.019.100.000. Sedangkan untuk Alphard 2.5 G A/T Rp  1.114.250.000.

Selain varian G, Alphard memiliki varian lainnya yakni 2.5 X A/T dengan banderol Rp 959.850.000 dan 3.5 Q A/T Rp 1.808.050.000. Harga tersebut OTR Jabodetabek.

  

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com