Komparasi Spek Suzuki Ignis VS Datsun Cross

Komparasi Spek Suzuki Ignis VS Datsun Cross

Walaupun belum ada sesuatu yang baru dari Suzuki Ignis ataupun Datsun Cross sejak dikenalkan pada publik, namun pada kenyataanya kedua mobil bermesin 1.200 cc ini merupakan memiliki rivalitas cukup ketat.

Banyak persamaan antara keduanya mulai dari mobil 1.200 cc yang tidak masuk dalam kategori LCGC, sama sama mengusung konsep hatch back dengan ground clearance tinggi  dan dilengkapi pilihan girboks manual maupun otomatis.

Suzuki Ignis sejauh ini merupakan produk import dari India,sedangkan Cross sudah dirakit sepenuhnya di fasilitas Datsun Karawang, Jawa Barat. Bagi yang tengah bimbang memilih kedua mobil ini, berikut kami berikan sedikit perbandingan spesifikasi keduanya.

Mesin

Suzuki Ignis hadir dengan mesin berkode K12M  4 silinder 1.197 cc. Mesin ini mampu mengail daya sebesar 83 PS/6,000 rpm dan torsi pada  113 Nm/4,200 rpm.  Kinerja mesin ini dihantarkan dengan transmisi manual 5 speed dan pilihan transmisi Auto Gear Shift (AGS) 5 speed.

Dari kubu Datsun, Hatchback ini dibekali dengan mesin HR12 DE Mesin 3 silinder berkapasitas 1.198 cc ini mampu menghantarkan daya 67 PS/ 6.000 rpm dam torsi 104 Nm.4.000 rpm untuk versi transmisi manual 5 speed dan 77 PS/6.000 rpm serta torsi 106 Nm/4.000 rpm untuk versi transmisi CVT.

Cross unggulkan CVT 

Dimensi

Sosok Suzuki Ignis hadir dengan dimensi (P x L x T) 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm dan sumbu roda 2.435 mm. Sedangkan untuk Ground Clearance 180mm.

Dari sisi dimensi, Cross lebih bongsor dibanding Ignis dengan dimensi (P x L x T) 3.995 mm x 1.670 mm x 1.560 mm dan sumbu roda 2.450 mm. Cross unggul lagi dalam hal ground clearance dengan angka 200 mm.

Dari data yang ada, Cross unggul dalam menyediakan ruang kaki yang lebih lega terutama pada penumpang baris ke dua. Tak hanya itu, sodara sedarah Datsun Go ini unggul dalam menyediakan ruang bagasi yang lebih lapang.

Interior Ignis 

Fitur

Dikarenakan Ignis dijajakan dalam beberapa varian dan Cross hanya satu varian saja, maka kita akan membandingkan varian tertinggi Ignis GX sebagai lawannya. Untuk fitue keselamatan, baik Ignis ataupun Cross telah dibekali dengan fitur dual airbags,ABS, EBD, dan Isofix.  Namun Cross memberikan satu fitur keselamatan lagi yakni Vehicle Dynamic Control (VDC) atau kontrol stabilitas.

Dari sisi eksterior, Ignis GX sudah melengkapi dirinya dengan lampu utama canggih yang dilengkapi dengan proyektor. Hal yang sama dengan yang ditawarkan oleh Cross. Akan tetapi Cross kembali unggul dengan hadirnya fitur Follow Me Home Lamp.

Pada sektor kenyamanan, Ignis hadir dengan head unit touch screen, keyless entry with Push & Start Button dan pengatur AC digital. Sementara Cross muncul dengan head unit touch screen dengan ukuran lebih besar 6,75 inci, namun tidak punya fitur Push & Start Button dan pengatur AC masih menggunakan model manual.

 

Harga

Total Ignis memiliki 3 varian yakni Ignis GL Sport Edition (SE), Ignis GL dan yang tertinggi adalah Ignis GX. Ketiga varian ini pilihan transmisi manual dan AGS.

Sementara Cross hanya punya satu trim level saja yang dibekali pilihan girboks manual dan CVT.

Harga Suzuki Ignis

Suzuki Ignis GL MT             Rp 157 juta

Suzuki Ignis GL AGS           Rp 167 juta

Suzuki Ignis GX MT             Rp 176 juta

Suzuki Ignis GX AGS           Rp 186 juta

Suzuki Ignis GL SE              Rp 167 juta

Suzuki Ignis GL SE              Rp 177 juta

Harga Datsun Cross

Datsun Cross MT                Rp 161,49 juta

Datsun Cross CVT              Rp 173,99 juta

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com