Komparasi Spek Sedan Honda Civic Turbo VS Mazda 3

Komparasi Spek Sedan Honda Civic Turbo VS Mazda 3

Meski bukan segmen yang favorit di Indonesia, namun kelas medium sedan juga masih diminati sebagian konsumen perkotaan. Apalagi rivalitas antara Mazda 3 dan Honda Civic turbo juga berlanjut ke segmen ini, setelah mereka juga bersaing di kelas hatchback.

Honda Civic turbo hadir lebih dulu menawarkan fitur canggih dan mesin turbo yang membuatnya tak hanya memiliki performa baik, namun juga irit bahan bakar.

Kemudian pada Juli 2019 lalu, Mazda pun membawa varian sedan untuk Mazda 3. Dimana generasi sebelumnya, produsen asal Jepang tersebut hanya menjual varian hatchback saja di tanah air. Dengan harga yang juga bersaing, berikut ini beberapa perbandingan spesifikasi yang bisa dijadikan patokan untuk Anda memilih salah satu di antaranya.

 

Mesin

Civic turbo sedan hadir dengan mesin 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo yang mampu mengais tenaga sebesar 173 ps pada rpm 5.500. Kemudian torsi puncaknya menembus 220 Nm di putaran mesin 1.700-5.500 rpm. Tenaga mesin tersebut disalurkan oleh transmisi CVT with Earth Dreams Technology khas Honda.

Sementara Mazda 3 sedan menawarkan mesin SKYACTIV-G 2.000 cc yang menghasilkan tenaga 155 ps di rpm 6.000 dan memiliki torsi puncak 200 Nm pada 4.000 rpm. Untuk pillihan transmisi, Mazda lebih mempercayakan otomatik 6 percepatan konvensional.

Meskipun Civic mengusung mesin berkapasitas lebih kecil, namun berkat dorongan turbo yang dimilikinya, alhasil tenaga dan torsi mobil tersebut mampu melampaui perolehan Mazda 3.

Dimensi

Di kelas medium sedan, Civic memiliki dimensi panjang 4.630 mm, lebar 2.705 mm, tinggi 1.416 mm dan wheelbase 2.700 mm. Sedangkan Mazda 3 hadir dengan panjang mencapai 4.660 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.440 mm dan wheelbase 2.725 mm.

Beralih ke bagian bawah, Civic turbo dipercantik dengan pelek Ring17 dengan balutan profil ban 215/50, sementara Mazda 3 lebih gagah dengan Ring18 dengan ban 215/45.

Jika dilihat dari spesifikasi dimensi, maka keduanya terlihat bersaing ketat. Bahkan meskipun tercatat Mazda 3 sedikit lebih unggul, namun di dalam kabin kami tidak melihat perbedaan yang signifikan.

Fitur

Honda dilengkapi dengan sasis body G-CON + ACE™ yang kokoh sehingga menjaga penumpang dari benturan yang fatal saat kecelakaan. Kemudian juga dilengkapi Emergency Stop Signal (ESS), Hill Start Assist (HSA) serta Motion Adaptive EPS.

Tak mau kalah canggih, Mazda 3 justru mengusung fitur keselamatan seperti Blind Spot Monitoring (BSM), Adaptif Front-Lighting System (AFS) dan sensor Smart Brake Support.

Harga

Di Indonesia PT Honda Prospect Motor hanya menjual satu tipe Civic Turbo sedan yang dijual dengan harga Rp 507 juta. Sedangkan PT Eurokars Motor Indonesia selaku distributor Mazda memasarkan Mazda 3 sedan seharga Rp 538,8 juta.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com