Komparasi Spek Nissan Terra VS Toyota Fortuner

Komparasi Spek Nissan Terra VS Toyota Fortuner

Untuk kelas SUV (Sport Utility Vehicle) ladder frame di Indonesia, tentu nama Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport masih yang paling terkenal, laris dan memiliki fans cukup banyak.

Meski begitu sejak 2018 lalu, Nissan mulai memasarkan Terra yang bisa menjadi pesaing para SUV ladder frame kawakan tersebut, dengan mesin besar dan desain menarik membuat Terra kini layak diperhitungkan.

Untuk memberikan pencerahan bagi Anda yang ingin membeli Terra, \hasil perbandingan spesifikasi dengan Toyota Fortuner ini bisa dijadikan acuan.

Mesin

Fortuner tipe G 4x2 A/T Diesel yang merupakan varian paling laris mengusung mesin 2 GD FTV DOHC VNT Intercooler berkapasitas 2.393 cc yang mampu menghasilkan tenaga 149 ps pada rpm 3.400 dan torsi puncak pencapai 400 Nm/1.600-2.000 rpm.

Sementara Nissan Terra mengusung mesin lebih besar, 2.488 cc 4 silinder DOHC dengan turbocharger yang memiliki tenaga maksimal 190 ps dengan torsi maksimal 450 Nm.

Soal performa mesin, Terra memang terasa lebih bertenaga ketimbang Fortuner, hanya saja dalam pengendalian, lingkar kemudi Nissan Terra terasa lebih berat. Jadi membuatnya lebih menarik dikemudikan untuk keluar kota atau penggunaan di jalur tol ketimbang melibas kemacetan ibu kota.

 

Dimensi

Berbicara dimensi, Fortuner hadir dengan panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.835 mm. Sementara Terra punya panjang 4.882 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.835 mm serta berjarak sumbu roda 2.850 mm.

Soal dimensi keduanya cukup bersaing baik saat disejajarkan maupun saat kita berada di dalam kabin keduanya.

Fitur

Soal fitur keduanya dapat dikatakan bersaing karena sudah dilengkapi banyak fitur keselamatan seperti ABS, Airbags, EBD, bahkan Hill Start Assist dan Hill Decent Control. Namun untuk hiburan, Terra tergolong minim, karena head unitnya belum secanggih Fortuner yang sudah dilengkapi dengan konektifitas Apple Carplay dan Android Auto. Sementara itu kamera mundur di Terra juga diletakkan di spion tengah, tidak seperti Fortuner yang sudah ada di head unit.

 

Meski begitu, untuk kepraktisan Terra tergolong lebih baik. Apalagi ada tombol pelipatan kursi baris kedua di konsol tengah, membuat pengemudi lebih praktis ketika ingin melipat kursi dan mengisi barang di dalam kabin.

Harga

Untuk urusan harga, Terra dijual dengan empat varian, yakni; Nissan Terra 2.5 (4x4) VL AT dengan harga Rp 661 juta, kemudian Nissan Terra 2.5 (4x2) VL AT Rp 515 juta, lalu Nissan Terra 2.5 (4x2) E AT Rp 490 juta dan tipe terendah Nissan Terra 2.5 (4x2) MT yang dibanderol dengan harga Rp 464 juta.

Sedangkan Toyota memasarkan varian terendah Fortuner mulai Rp 474 jutaan hingga tipe tertinggi 4x4 2.4 VRZ A/T DSL dibanderol Rp 666 jutaan.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com