Komparasi Spek Mitsubishi Eclipse Cross VS Hyundai Kona

Komparasi Spek Mitsubishi Eclipse Cross VS Hyundai Kona

Kehadiran Mitsubishi Eclipse Cross di GIIAS 2019 lalu tak hanya membuat konsumen menjadi banyak pilihan di segmen compact SUV, tapi juga membuat peta persaingan di kelas tersebut semakin seru.

Sama-sama kita ketahui, di kelas tersebut sudah ada Honda HR-V dan pendatang baru lainnya asal Korea Selatan, yaitu Hyundai Kona.

Nah, jika Anda bosan dengan wujud HR-V. Maka Eclipse Cross dan Kona adalah model yang patut Anda pertimbangkan. Berikut perbandingan keduanya.

 

Mesin

Mitsubishi membopong mesin Mivec 1.500 cc turbo bertenaga 150 ps/5.500 rpm dan torsi 250 pada putaran mesin 2.000-3.5000 rpm untuk Eclipse Cross. Tenaganya disalurkan oleh transmisi CVT dengan 8 perpecatan, serta dilengkapi mode sport dan manual.

Sedangkan Hyundai Kona hadir dengan kapasitas mesin lebih besar, dengan 1.999 cc NU MPI dari Atkinson yang mampu memproduksi tenaga 149 ps pada putaran 6.200 rpm dengan torsi puncak 180 Nm di 4.500 rpm. Transmisi yang digunakannya adalah otomatik 6 percepatan.

Jika dilihat dari catatan performanya, Eclipse Cross lebih unggul dengan torsi yang lebih besar. Hal tersebut didapatkan berkat sokongan turbo yang cukup signifikan. Meski berkapasitas mesin kecil, namun tenaga dan torsinya tak kalah dengan mesin 2.000 cc.

Dimensi
 

Sebagai medium SUV, Eclipse Cross memiliki panjang 4.405 mm dengan lebar 1.805 mm, tinggi 1.674 dan wheelbase 2.670 mm.

Sementara lawannya dari Hyundai, hadir dengan panjang 4.165 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.565 mm dan wheelbase 2.600 mm.

Kedua mobil bersaing dalam hal dimensi, meski demikian keseluruhan dimensinya sedikit lebih unggul Eclipse Cross. Hal tersebut membuat SUV dari Mitsubishi ini memiliki kabin yang lebih lega ketimbang Kona.

Fitur

Untuk sektor ini keduanya pun menawarkan fitur unggulan seperti Eclipse Cross yang memiliki 7 SRS Airbags, sementara Kona 6 buah. Kemudian keduanya juga memiliki fitur keselamatan canggih lainnya seperti, ABS, EBD,HSC,ESC. Tak lupa Kona memiliki fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Downhill Back Control (DBC). Namun Eclipse Cross memiliki Forward Collision Mitigation System (FCM) sebagai fitur unggulan.

 

Harga

Meski demikian Hyundai memasang banderol yang cukup menarik dengan harga jual Rp 363,9 juta untuk satu-satunya tipe yang dipasarkan. Sedangkan PT MMKSI menjual Eclipse Cross seharga Rp 478 juta.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com