Komparasi Spek Honda CR-V Turbo VS VW Tiguan Allspace

Komparasi Spek Honda CR-V Turbo VS VW Tiguan Allspace

Dalam gelaran GIIAS 2019 lalu, PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku APM VW menghadirkan Volkswagen Tiguan Allspace yang berhasil mencuri perhatian para pengunjung.

Pasalnya SUV 7 penumpang ini dianggap sesuai dengan karakter konsumen tanah air, yang mementingkan kapasitas penumpang dan desain yang modern.

Meski demikian, di Indonesia mobil ini harus bersaing dengan nama-nama besar seperti Mazda CX-5 dan Honda CR-V yang lebih dulu hadir sebagai penguasa. Untuk Anda yang tertarik dengan Tiguan, berikut perbandingannya dengan CR-V Turbo.

Dimensi

Berbicara dimensi, Tiguan Allspace hadir dengan panjang 4.701 mm, lebar 2.099 mm tinggi 1.674 mm dan wheelbase 2.787 mm. Sementara Honda CR-V Turbo memiliki panjang  4.584 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.679 mm dan jarak sumbu roda 2.660 mm.

Yang menarik dari Tiguan Allspace adalah kabin yang lebih lapang ketimbang CR-V. Meskipun posisi duduk baris ketiga sama-sama tidak direkomendasikan untuk orang dewasa, karena terlalu rendah dan tegap.

 

Mesin

VW Tiguan Allspace dibekali mesin TSI 1.400 cc yang mampu menghasilkan tenaga 150 ps dan torsi 250 Nm yang disandingkan dengan transmisi otomatik 6-percepatan (DSG) plus triptonic. Sedangkan All New Honda CR-V mempercayakan mesin 1.500 cc VTEC Turbo dengan tenaga maksimal 190 ps/5.600 rpm dan torsi puncak sebesar 240 Nm pada putaran 2.000-5.000 rpm.

Meskipun dimensinya lebih besar ketimbang CR-V. Namun untuk urusan performa mesin, Tiguan harus mengakui keunggulan mesin turbo Honda yang memiliki tenaga lebih besar ketimbang milik VW.

 

Fitur

Fitur keselamatan unggulan telah disematkan pada keduanya, seperti Airbags, EBD, ABS, BA, traction control, sensor parkir, kamera mundur. Keduanya juga sudah dilengkapi banyak fitur hiburan dan konektivitas seperti Android Auto dan Apple CarPlay.

Namun untuk fitur pengendalian, CR-V tipe tertinggi tergolong lebih menarik dengan hadirnya paddle shift.

 

Harga  
Untuk urusan harga, VW Tiguan Allspace dipasarkan Rp 598 juta (On the Road Jakarta). Sedangkan All New Honda CR-V Turbo dibanderol Rp 478,5 juta, kemudian tipe Prestige Turbo di angka Rp 518,5.

Simak Video : VIDEO: Penjualan Honda Meningkat Jelang Tutup 2019

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com