Komparasi Spek Honda Brio RS VS Mazda 2

Komparasi Spek Honda Brio RS VS Mazda 2

Untuk melibas jalan perkotaan yang cenderung macet setiap harinya, tentu kita butuh mobil yang berdimensi kompak dan memiliki akselerasi yang baik agar bisa melewati kemacetan dengan cepat.

Meski demikian, pilihan city car dan hatchback di Indonesia sangat beragam. Bahkan para konsumen dihadapkan oleh pilihan yang relatif serupa, dengan mesin yang tak berbeda jauh dan dimensi yang super kompak.

Mazda menawarkan sebuah hatchback dengan teknologi canggih dan mesin bertenaga serta kesenangan berkendara lewat Mazda 2. Sementara itu, Honda tetap percaya diri dengan angka penjualan Brio yang terus meningkat setiap tahunnya. Lalu bagaimana jika keduanya kita bandingkan?

 

Mesin

Brio RS adalah tipe tertinggi dari keluarga Brio, namun tetap saja memiliki mesin yang lebih kecil ketimbang Mazda 2. Brio RS mengusung mesin berkapasitas 1.199 cc dengan kode L12B yang mampu melecut daya 90 ps/6.000 rpm dan torsi pada 110 Nm/ 4.800 rpm.

Sedangkan Mazda 2 dipersenjatai mesin SKYACTIV-G 1.500 cc 4 silinder DOHC 16 klep dengan Dual S-VT (Sequential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control) yang bisa menyemburkan tenaga 110 ps pada rpm 6.000 dan torsi puncak 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Tenaga mesin Brio disalurkan transmisi CVT, sementara Mazda 2 mempercayakan SKYACTIV-DRIVE otomatik 6 percepatan. Dalam hal ini, jelas Mazda 2 lebih unggul ketimbang Honda Brio RS.

Dimensi

Meski lebih besar ketimbang model terdahulu, sebagai city car Honda Brio RS tetap saja berdimensi mungil, memiliki panjang 3.610 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485 mm dengan wheelbase 2.435 mm.

Mazda 2 sedikit lebih besar, meskipun kabinnya tidak terlalu lapang karena kurangnya memaksimalkan dimensi. Panjang Mazda 2 mencapai 4.060 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.495 mm dengan wheelbase 2.570 mm.

Buat Anda yang butuh dimensi lebih kecil untuk melibas kemacetan, mungkin Brio RS bisa menjadi solusinya. Namun jika Anda butuh kabin belakang yang lebih luas, maka Mazda 2 bisa dipertimbangkan.

 

Fitur

Brio RS dan Mazda 2 telah dibekali fitur keselamatan standar seperti dual airbag, ABS+EBD dan ISOFIX. Keduanya mengklaim bahwa produk-produk tersebut dibangun dengan teknologi sasis canggih yang kuat namun tetap ringan. Tapi untuk Mazda 2 tipe tertinggi, Anda akan mendapatkan pengaturan jok secara elektrik, head up display spidometer, dan dilengkapi paddle shift.

Dalam hal ini fitur pengendalian dan hiburan Mazda 2 jauh lebih banyak. Apalagi jok Mazda 2 sudah dilengkapi dengan bahan kulit yang membuatnya lebih nyaman saat ditumpangi.

 

Harga

Karena secara segmen Honda Brio RS posisinya berada di bawah Mazda 2, maka harga jualnya tergolong lebih terjangkau.

Honda Brio RS AT yang merupakan tipe tertinggi dipasarkan Rp 191 juta, sementara Mazda 2 tipe R AT dijual Rp 285,3 juta dan yang tipe tertinggi GT AT dijual Rp 323,3 juta.

Soal harga, memanag Mazda 2 lebih mahal ketimbang Brio RS. Namun jika melihat performa mesin dan fitur berlimpah yang dimilikinya, rasanya hal tersebut cukup dapat dimaklumi. Sementara untuk para konsumen yang hanya mengedepankan mobil yang praktis untuk membawanya ke titik A kemudian ke titik B, rasanya Brio RS juga sudah cukup.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com