Komparasi Kia Grand Sedona VS Hyundai H-1

Komparasi Kia Grand Sedona VS Hyundai H-1

Untuk keluarga yang suka berpergian keluar kota atau bertamasya menggunakan satu mobil saja, tentu pilihan mobil people carrier sangat cocok untuk memfasilitasinya.

Meskipun tidak banyak populasinya, namun pabrikan asal Korea Selatan yang ada di Indonesia semisal Kia dan Hyundai nyatanya memiliki line up tersebut.

Di line up Kia ada Grand Sedona yang bahkan sanggup menampung 11 orang penumpang, saudara sedarahnya Hyundai juga punya H-1 yang juga baru mendapatkan penyegaran. Seperti apa perbandingan keduanya?

Mesin

Kia Grand Sedona dipersenjatai dengan mesin diesel R 2.2-L yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 200 ps pada 3.800 rpm dan memiliki puncak torsi 441 Nm di 1.750-2.750 rpm. Torsi yang dihasilkan Grand Sedona adalah yang terbesar di kelasnya. Sementara Hyundai H-1 hadir dengan pilihan mesin baru 2.5 A2 TCi bertenaga 170 ps dengan torsi 392 Nm.

Sedangkan untuk transmisi, Kia Grand Sedona mengandalkan 6 percepatan otomatik sementara Hyundai H-1 pakai transmisi otomatik 5 percepatan yang dilengkapi mode manual tiptronic.

 

Dimensi

Soal dimensi sudah tidak perlu diragukan lagi, keduanya hadir dengan ukuran besar yang mampu menampung banyak orang di dalam kabin. Untuk Kia Grand Sedona, panjangnya mencapai 5.115 mm, lebar 1.985 mm dan tinggi 1.755 mm.

Sedangkan Hyundai H-1 dilengkapi panjang 5.150 mm, lebar 1.920 dan tinggi 1.925. H-1 sedikit lebih panjang dan lebih tinggi ketimbang Grand Sedona.

Fitur

Untuk urusan fitur, kedua mobil keluarga ini pun bersaing. Kia Grand Sedona menawarkan kapasitas bangku yang bisa digunakan hingga 11 penumpang, sementara Hyundai tersedia sembilan bangku namun memiliki jok yang bisa diatur elektrik dengan sandaran kaki pada baris kedua dan ketiga. Kia Grand Sedona punya dual sunroof sementara H-1 punya sistem hiburan yang lebih memadai dengan headunit double DIN.

 

Harga

Untuk tipe tertinggi, Grand Sedona dibanderol Rp Rp 555,5 juta, sementara untuk H-1 2.5L CRDi Royale dijual Rp 604 juta.

Hyundai H-1 lebih mahal karena menampilkan eksklusifitas khas MPV premium untuk para pebisnis yang lebih suka menghuni kabin bagian belakang. Sementara Grand Sedona menawarkan pengendalian yang lebih baik dan memungkinkan para pemilik melompat ke balik kemudi untuk membawa keluarga plesiran.

 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com