Komparasi Isuzu D-Max Rodeo VGT AT VS Chevrolet Colorado High Country AT

Komparasi Isuzu D-Max Rodeo VGT AT VS Chevrolet Colorado High Country AT

Sejak tahun 70-an 34% kepemilikan Isuzu Motors dikuasai oleh General Motors. Oleh karenanya muncul banyak produk yang dilahirkan dari kerjasama tersebut, salah satunya adalah Isuzu D-Max dan Chevrolet Colorado.

Walau tidak bisa dikatakan sama persis, namun keduanya dibiakkan dari sasis dan platform yang sama.

Kebutuhan akan kendaraan double cabin yang lebih nyaman dan modern semakin besar oleh karenanya kedua merek tersebut menyuguhkan varian tertingginya. Isuzu diwakili oleh D-Max Rodeo VGS AT sedangkan untuk Chevrolet Colorado adalah Colorado High Country AT. Keduanya merupakan double cabin dengan mesin diesel turbo berpenggerak 4x4.

Apa saja yang membedakan antara keduanya?

 

Mesin

Khusus untuk varian termewahnya Isuzu membekali dengan mesin 4 silinder 4JK1-TCX cc 4 silinder VGT Turbo Intercooler. Mesin bervolume 2.499 cc ini mampu memuntahka daya sebesar 136 PS/3.400 rpm dan torsi 319 Nm pada 1.800-2.800 rpm. Transmisi 5 speed otomatik yang disinerginkan dengan tranfercase 2 Speed dengan pilihan rasio High dan Low menjadi standar bagi mobil ini.

Sedangkan untuk Colorado, varian paling megahnya ini dijejali dengan mesin yang lebih besar yakni 2.8 Duramax berkapasitas 2.776 cc. Dengan kapasitasnya yang lebih besar, mesin ini pun mampu memberikan suguhan daya 200 PS/ 3.600 rpm dan kailan torsi dari putaran 2.000 rpm. Chevy menyematkan girboks matik 6 speed otomatis dan tranfercase 2 speed dengan pilihan rasio High dan Low.

Kedua D-cab ini diklaim dapat mengkonsumsi tipe bahan bakar Bio diesel B20.

Dimensi

Jika dilihat dari dimensi, Chevrolet Colorado High Country terlihat lebih bongsor. Bahkan wheelbase Chevy sedikit lebih panjang di angka 3.096 mm dibandingkan dengan D-Max 3.095 mm.

Perbedaan dimensi yang ada, sepertinya tidak berakibat signifikan pada ruang kabinnya. Keduanya saling berbagi kabin dan jika ada perbedaan hanya pada detail desain saja.

Dimensi Colorado lebih bongsor dikarenakan dimensi bumper yang lebih menonjol pada bagian depan dan kehadiran bumper belakang yang lebih besar. Selain itu Chevy juga lebih tinggi dikarenakan pemasangan roof rail.

Isuzu D-Max Rodeo

Dimensi (P x L x T)  5.295 mm x 1.860 mm x 1.785 mm
Wheebase   3.095 mm

 

Chevrolet Colorado

Dimensi (P x L x T)    5.408 mm x 1.874 mm x 1.853 mm
Wheelbase3.096 mm

   :

Fitur

Keduanya memiliki kelengkapan yang sama pada fitur keselamatan seperti lain Hill Climb Assist, kamera 360 derajat dan sistem pengereman ABS, EBD, ESC, TCS dan BA.

Namun Colorado menyuguhkan seabreg fitur keselamatan lainnya seperti Hill Descent Control (HDC) , Trailer Sway Control, Forward Colliision Alert dan Lane Depature Warning.

Hanya saja D-Max harus akui keunggulan Colorado dalam hal fitur kemewahan. Colorado menawarkan fitur canggih MyLink Infotainment System berukuran 8 inci dengan fitur Mirroring, Apple Car Play dan Android. MID Chevy dilengkapi dengan tekanan angin ban, dan Remote Engine Start with Remote AC yang tidak D-Max

Interior Isuzu D-Max
Interior Chevrolet Colorado 

 

Harga

Menyoal tentang harga, D-Max Rodeo dicanteli harga Rp 527 juta. Sementara Chevrolet membanderol produknya dengan harga Rp 548 juta.

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com